Bupati Haryanto Minta Kades Tak Layani Oknum LSM

Pati – Belakangan ini beberapa Kades di Pati mengaku resah, dengan ulah oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Pasalnya,  oknum LSM tersebut sering berulah melakukan dugaan percobaan pemerasan. Sehingga Bupati Pati Haryanto angkat bicara, dan menghimbau Kades untuk tidak meladeni oknum LSM tersebut.

Belakangan ini, banyak keluhan adanya oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  yang diduga melakukan percobaan pemerasan terhadap Kepala desa di Kabupaten Pati. Bahkan ada diantara oknum LSM yang mengancam melaporkan kepada  penegak hukum, dan memuatnya ke media.
Menanggapi keluhan para Kades itu, Bupati Pati Haryanto mengaku, pihaknya sudah tahu dari Kades  bersangkutan. Oknum LSM yang diduga memanfaatkan celah dan kelemahan Kades, terutama dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa. Sehingga Bupati Pati menghimbau, Kades untuk berani menghadapi oknum LSM tersebut,  bila tidak ada keselahan, dan harus berani bertanggung jawab atas laporan pengunaan dana desa yang dikelolanya.
“Kita belum mengetahui secara personal siapa-siapa oknum yang melakukan dugaan pemerasan terhadap kades. Akan tetapi kami sudah pesankan pada kades untuk tidak melayani tindakan yang tidak dibenarkan tersebut,”ujarnya, Selasa (29/8) Kemarin.
Dalam hal penggunaan dana desa ini, tutur Bupati Haryanto, pihaknya telah mengundang Kades se Kabupaten Pati, untuk mendapatkan petunjuk teknik  dalam perencanaan, pengelolaan, penggunaan dan pertanggungjawaban dana desa dengan mengundang Kejaksaan Negeri Pati. Bila pengelolaan dan penggunaannya benar, meski pun dilaporkan atas pelanggaran hukum berkali-kali,  akan mental laporannya.  
Kapolres Pati Hamdan Maulana mengatakan, keberadaan LSM sudah diatur dalam Undang-undang, peraturan penganti undang-undangnya. Tujuan dibentuknya LSM pada dasarnya bertujuan untuk berpartisipasi, untuk menjadi mitra pemerintah untuk kebaikan negara dan masyarakat.
“Jadi jika ada Distorsi dan kepentingan penyalahgunaan dari tujuan utama LSM itu sendiri, maka menjadi pekerjaan rumah kita untuk menindak hal tersebut.  Namun, kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu. Untuk saat ini masih belum ada laporan mengenai hal itu,” kata Kapolres Pati, AKBP Maulana Hamdan.
Sebelumnya,  Kejaksaan Negeri Pati menghimbau Kades berani menemui oknum LSM yang diduga akan mencari-cari permasalahan, yang ujung-ujung meminta sejumlah uang. Karena ulah pemerasan dapat dipidanakan sesuai pasal 368 KUHP.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla