Tetapkan Perolehan Kursi Parpol, Caleg Terplilih Tak Sampaikan LKHPN Ditunda Pelantikan sebagai Anggota DPRD

101fm, Pati Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menetapkan perolehan kursi dan calon anggota legislatif DPRD Pati hasil Pemilu Serentak 2019, Sabtu petang kemarin (10/8/2019). Penetapan tersebut disaksikan para pengurus dan saksi parpol peserta pemiliu, serta Ketua dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati dalam rapat pleno terbuka yang berlangsung di Amarilis Room 1 Lantai IV New Merdeka Hotel.

Sesuai berita acara raat pleno yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan didampingi empat komisioner lainnya, PDI Perjuangan memperoleh sepuluh kursi, PKB, Partai Gerindra dan Partai Demokrat masing-masing enam kursi, Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Persatuan Pembangunan masing-masing lima kursi , PKS dan Partai Hanura masing-masing tiga kursi serta Partai Perindo mendapat jatah satu kursi.
Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan mengatakan, setelah pihaknya mengumumkan perolehan kursi, para calon legistor terplilih untuk segera menyampai tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari KPK. “Pasca penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih kita lakukan pengusulan kepada gubernur melalui Bupati untuk dilakukan pelantikan. Selanjutnya kita memberikan kepada calon terpilih untuk menyampaikan tanda terima LHKPN dalam tengat waktu tujuh hari,” ujar Ketua KPU Kabupaten Pati.
Imbang Setyawan mengatakan, KPU akan menunda pelantikan caleg terpilih, bila sampai baras waktu yang ditentukan yang bersangkutan belum menyerahkan tanda terima LHKPN dari KPK sebagai berkas yang dipersyaratkan. “Jadi kita tidak mengajukan surat pengajuan pelantikan bagi caleg terpilih yang tidak menyerahkan tanda terima LHKPN ke Gubernur melalui Bupati,” jelasnya.
Penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD Kabupaten Pati, kata Ketua KPU Pati Imbang Setyawan berdasarkan methode saint league sesuai sertifikat perolehan suara dibagi dengan angka 1, 3, 5 dan seterusnya.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla