Mahasiswa Dituntut Kawal dan Rawat Kebhinekaan Tangkal Radikalisme

101fm, Pati Kota – Mahasiswa di Pati harus mampu mengawal dan merawat kebhinnekaan. Ini untuk menangkal radikalisme dan terorisme yang mulai memapari kalangan mahasiswa. Meski belum ada data rinci yang menjelaskan, namun diakui banyak mahasiswa yang terpapar paham radikalisme yang menjadi momok dan mengancam keutuhan NKRI. Mereka pun dituntut untuk merawat kebhinnekaan.

“Ini seminar radikalisme sudah sering kita laksanakan tapi untuk tahun ini menggandeng mahasiswa sebagai pesertanya. Yang informasinya dari para narasumber sudah banyak mahasiswa yang kena informasi-informasi radikalisme. Makanya kita sisir dari mahasiswa. Di Pati menurut informasi dari BIN memang ada yang terpapar radikalisme tapi baru berupa informasi belum data sehingga kami belum bisa informasikan secara detail,” demikian Kepala Kesbangpol Kabupaten pati Susanto, usai membuka Seminar Radikalisme di Gedung Korpri, Selasa (13/8/2019).
Kepala kesbangpol Pati Susanto berharap para mahasiswa dapat mengetahui bahaya dari radikalisme dan mampu mencegahnya, sehingga mampu menciptakan Pati yang kondusif. Ini juga menjadi bagian dari upaya Pemkab Pati mendatangkan penanam modal di wilayah Kabupaten Pati. “Makanya dari teman-teman mahasiswa kita ajak untuk seminar seperti ini. Karena informasi saat ini yang paling canggih melalui medsos dari bangun tidur sampai menjelang tidur itu disebar melalui telepon genggam canggih,” tuturnya.
Narasumber pada seminar radikalisme Dosen Ilmu Politik FISIP Unwahas Semarang , Agus Riyanto dalam makalahnya mengatakan, perspektif ilmu sosial, radikalisme erat kaitannya dengan sikap atau posisi yang mendambakan perubahan terhadap status quo dengan penghancuran total dan menggantikannya dengan sesuatu yang baru dan berbeda.
Penelitian Badan Intelijen Negara (BIN) pada 2017 lalu, mencatat sekitar 39 persen mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi terpapar radikalisme. Dari penelitian diperoleh data 24 persen mahasiswa dan 23,3 persen pelajar SMA setuju dengan jihad demi tegaknya negara Islam.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla