Cetak
Dilihat: 192

101fm, Pati Kota – Umat Budha Kabupaten Pati akan menyelenggarakan upacara ulambana untuk mendoakan para leluhur. Dalam penyelenggaraannya di Klentheng Hok Tik Bio Pati, pada Minggu (18/8/2019).  Sembahyangan ulambana atau sembahyang Jit Gwee yang diselenggarakan, umat Budha akan mendoakan seluruh arwah. Termasuk arwah para leluhur Gus Dur juga KH Maimun Zubair, agar mensyurgakan beliau. Serta untuk mendoakan kesejahteraan serta ketentraman bangsa dan Negara Indonesia.

Ketua Umum Klentheng Hok Tik Bio Pati Eddy Siswanto mengatakan, penyelenggaraan sembahyang ulambana setiap tanggal delapan belas bulan ketujuh penanggalan China (Imlek). “Pada hari itu menurut adalah hari baik untuk mendoakan para leluhur agar diberikan tempat yang lebih baik dan sempurna serta diampuni dosa-dosanya,” ujar Ketua Umum Klentheng Hok Tik Bio Pati.
Eddy Siswanto menambahkan, sembahyang ulambana juga disebut sembahyang rebutan karena setelah mendoakan para arwah leluhur, masyarakat dapat merebut sandang pangan yang disediakan oleh penyelenggara di Klentheng Hok Tik Bio lima gunungan hasil bumi dan jajan, serta berbagai keperluan sandang yang digantung. “Jadi setelah kita doakan masyarakat juga bisa rebutan, kira-kira sembahyangan selesai antara pukul 10.00 sampai 12.00. Nanti ada lima gunungan yang merupakan filosopi Jawa ‘sedulur papat lima pancer’. Nanti itu diberikan berisikan hasil bumi, sandang dan pangan,” terangnya.
Pada kesempatan itu, kata Ketua Umum Klentheng Hok Tik Bio Pati Eddy Siswanto, pihaknya bersama Kodim 0718, Polres Pati, Gusdurian Pati dan Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP) akan membagikan paket beras kepada kaum kurang mampu.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s