Cetak
Dilihat: 155

101fm, Pati Kota – Ada yang membahagiakan bagi sebagian warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati,  pada peringatan HUT Kemerdekaan ke 74 RI. Pasalnya mereka mendapat remisi kemerdekaan dari pemerintah melalui Kemenkum HAM RI.
257 warga binaan Lapas Kelas II B Pati menerima pengurangan masa penahanan atau  remisi  umum 17 Agustus 2019 ini.  Delapan diantaranya memperoleh remisi umum II atau pengurangan pidana seluruhnya atau langsung bebas.

Kepala Lapas Kelas II B Pati Irwan Silais mengatakan, sebenarnya ada sembilan orang yang menerima remisi pengurangan pidana seuluruhnya. Karena warga binaan bersangkutan tidak membayar denda sehingga harus menjalani subsider selama sebulan. “Dari seluruh warga binaan yang menerima remisi itu, belum seluruhnya turun SK-nya. Dari yang diusulkan itu ada SK yang beberapa hari turun menjelang 17 Agustus, karena baru putus atau  eksekusinya baru datang. Semua sudah diusulkan dan pasti dapat, tapi SK-nya belum turun,” ujar Irwan Sulais.
Menurut Silais, SK remisi yang sudah turun baru 248 diantaranya dan sisanya menyusul dalam waktu dekat ini paling lambat sepuluh hari mendatang SK-nya pasti turun. Mereka yang menerima remisi merupakan warga binaan yang memenuhi syarat seperti berkelakuan baik dan beberapa bulan sebelum diusulkan tidak melanggar  aturan di salam Lapas. “Pada dasarnya itu diberikan pada masing-masing melihat dari jenis pasal yang dilanggarnya. Misalnya dengan pasal narkoba atau yang berkait dengan PP Nomor 99 yang bersangkutan tidak langsung mendapatkan remisi. Tapi setelah menjalani sepertiga masa humuman baru mereka mendapat remisi,” terangnya.
Bupati Haryanto usai menyerahkan SK remisi, di aula Lapas Kelas IIB Pati berharap kepada warga binaan yang menerima remisi khususnya yang langsung bebas menyadari dan tidak mengulangi kesalahannya. “Kalau sedang diuji oleh Tuhan YME cukup sekali ini saja serta bisa kembali ke jalan yang baik dan bekerja yang baik. Jangan setelah keluar mempunyai kasus dengan motif yang sama  akhirnya masuk ke Lembaga Pemasyarakatan lagi, cukup sekali saja. “tutur Bupati Pati
Dari total warga binaan penerima remisi umum 17 Agustus, kata Kepala Lapas Kelas IIB Pati Irwan Silais, 119 kasus narkoba dua diantaranya perempuan, perdagangan orang 1 kasus , dan 1 kasus tindak pidana korupsi.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s