Siswi SMKN 3 Pati Terpilih di Seleknas Wakili Indonesia Diajang ASC

101fm, Pati Kota – Seorang siswi SMK Negeri 3 Pati terpilih akan mewakili Indonesia diajang Beauty Therapy Asean Skill Competition (ASC) di Singapura pada 2020 mendatang. Ini setelah siswi tersebut lolos seleksi nasional beauty therapy yang diselenggarakan Jakarta, 19 – 23 Agustus 2019.
Siswi SMK Negeri 3 Pati yang meraih juara pertama pada seleksi nasional (Seleknas) beauty therapy itu bernama Eva Mustika. Dia berhasil memperoleh nilai diatas ambang batas (passing grade) yang ditentukan panitia.

Guru Pembimbing Mugiarti mengaku, memang ada semangat dan niat yang kuat dari diri Eva Mustika untuk mengikuti seleksi tersebut mulai dari tingkat sekolah, provinsi hingga nasional. Hingga akhirnya mampu lolos seleksi beauty therapy tingkat nasional. “Untuk praktik memang dia lebih baik dari teman-temannya, tapi untuk nilai mata pelajaran terbilang rerata dengan teman-temannya. Kita lihat dari kemauannya yang kuat, dan selama dibimbing perkembangannya semakin baik. Ini menandakan anak tersebut bisa dibimbing atau dipilih untuk mengikuti seleksi,” terangnya.
Mugiarti mengatakan, awalnya seleksi di sekolah lebih dulu kemudian mengikuti seleksi daerah (Selekda) tingakt provinsi dan menang sesuai passing grade yang diharapkan dan maju ke tingkat seleksi nasional (seleknas). Setelah lolos seleknas itu, Eva Mustika akan menjalani karatina untuk menyiapkan diri mengikuti lomba serupa tingkat internasional bertajuk Asean Skill Competition (ASC) yang akan diselengakaran di Singapura tahun depan. “Setelah itu anak ini akan dikarantina selama delapan bulan di Puspita Martha Jakarta (sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan). Untuk materinya yang akan diperdalam saat dikarantina itu, pastinya akan mengacau kisi-kisi yang sudah ditentukan seperti yang di seleknas akan ada delapan puluh persen ada tambahannya lagi,” terangnya.
Gugur Pembimbing Mugiarti mengatakan, hampir tiap tahun anak didiknya pada ajang tersebut langganan mendapatkan juara. Memang untuk meraih prestasi itu, mereka harus mengikuti latihan dan pengawasan intensif hingga dapat mencapai kriteria yang ditentukan. Diantaranya materi facial advance, eye prosave, eye extantion, body spa, mini cure, fren mini cure serta fantacy make up dan nail up.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla