Bawaslu Pati Sempat Disibukkan Bongkar Pasang Personil Pengawas Saat Pengawasan Pemilu 2019

101fm, Pati Kota – Selama menjalankan tugas pengawasan Pemilu 2019 lalu, sempat terjadi ketidakkompakan personil di salah satu panwascam di Kabupaten Pati. Selain itu, juga terjadi bongkar pasang dengan melakukan pergantian antar waktu (PAW).

Setidaknya ada ketidakkompak personil di panwascam selama berlangsungnya pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2019. Namun Bawaslu Pati berhasil menyelesaikannya melalui klarifikasi dengan memanggil personil panwascam. “Terjadi ketidak kompokan di tubuh Panwaslu Kecamatan yang berakibat molornya laporan yang telah ditetapkan, bawaslu memanggil mereka untuk diklarifikasi apa sebab musababnya terjadi hal demikian, ini dilakukan pada Panwascam kecamatan Pati, Kayen dan Jakenan,” demikian Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Devisi Organisasi dan SDM Karto Arif, pada Konferensi Pers Pelaksanaan Pengawasan Pemilu 2019, Jumat siang (30/8/2019).
Karto Arif menambahkan, sepanjang Pemilu 2019 Bawaslu juga membongkar pasang terhadap pengawas dibawahnya dengan melakukan pergantian antar waktu (PAW). Ini dilakukan dengan dengan berbagai alasan, seperti ada yang naik dari anggota panwascam menjadi anggota Bawaslu Kabupaten, karena pindah kerja ke luar pulau, karena sakit, dan meninggal dunia. “Bawaslu mencatat ada 13 (tiga belas) Pergantian Antar Waktu (PAW) dalam rentan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019. Dari Pengawas Kecamatan ada 2 (dua) orang yang PAW dengan alasan pertama mengundukan diri karena pindah pekerjaan dan yang satu Panwascam naik menjadi Bawaslu Kabupaten yaitu Saudara Suyatno S.Ag yang sebelumnya anggota Panwascam Dukuhseti,” katanya.
Komisioner Bawaslu Kabupaten Pati Karto Arif mengatakan, bongkar pasang juga terjadi di jajaran Pengawas Pemilu Desa (PPD). Ada 11 orang yang di PAW dengan rincian 2 orang meninggal dunia, 2 orang pindah domisili 7 orang karena pindah bekerja.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla