Gelar Seni Budaya Islami Sambut Tahun Baru Islam di Desa Sokopuluhan Pucakwangi

101fm, Pati Pucakwangi – Banyak hal untuk menyambut Tahun Baru Islam (Muharram). Pemuda-pemudi Karang Taruna Desa Sokopuluhan Kecamatan Pucakwangi justru menggelar seni dan budaya untuk menyambut pergantian Tahun Baru Islam lalu.
Berbeda dengan tradisi masyarakat Jawa pada umumnya, pemuda di Desa Sokopuluhan Kecamatan Pucakwangi menyambut Tahun Baru Islam, dengan pentas pagelaran seni dan kebudayaan. Dengan menggandeng Karang Taruna, pentas kegiatan menyambut Tahun Baru Islam itu, diselenggarakan di halaman balai desa setempat.

Menurut Ketua Panitia Muftahurrohim, selain tari tradisional, pementasan qasidah, seni tilawah Al-Qur'an, teater hingga musikalisasi puisi dilakukan untuk mengisi acara. Acayang telah berlangsung untuk ke sekian kalinya. "Acara ini rutin tiap tahu baru Islam, ini sudah yang ketiga kalinya. Pentas seni ini untuk memberikan ruang apresiasi seni dan pertunjukan untuk semua usia dan latar belakang, agar memiliki semangat yang sama," ujar Miftahurrohim.
Penyelenggaraan pentas seni dan budaya itu mendapat apresiasi pemdes, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat. Nyatanya selama pementasan masyarakat yang datang untuk menyaksikan membludak.
Kades Sokopuluhan Mashadi mengaku bangga dengan kiprah pemudanya dalam menyambut Tahun Baru Islam pada hari itu. "Saya senang sekali punya anak-anak muda yang kreatif dan menggelar hal positif seperti ini. Kami menyambut baik apa yang mereka kerjakan," terang Kades Sokopuluhan.
Demikian halnya dengan Tokoh Masyarakat H. Dandang Sa'dun, yang menyatakan dukungannya sgar kegiatan itu berlanjut tiap tahunnya. "Acara ini harus semakin berkembang dan besar pada kesempatan selanjutnya. Memberi contoh bagaimana perpaduan luhur apresiasi seni islam dan kultur agama islam dengan baik. Inu sangat positif sebagai hiburan sekaligus memperingati hari besar islam," tuturnya.
Pemuda Desa Sokopuluhan Kecamatan Pucakwangi mengaku pementasan tersebut untuk menumbuhkan rasaa mencintai budaya sendiri, baik seni rupa, sastra, pertunjukan maupun musik dengan nuansa Islami.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla