PMI Siaga Bantu Salurkan Air Bersih di Daerah Terdampak Kekeringan

101fm, Pati Kota – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati sesuai dengan misinya, akan tetap siaga menyalurkan setiap bantuan kemanusiaan hingga ke lokasi terpencil sekalipun. Demikian pula pada saat sekarang ini, PMI masih gencar menyalurkan bantuan air bersih kepada warga di daerah-daerah terdampak kekeringan di Kabupaten Pati.
Sesuai misi kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) akan selalu hadir membantu di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan. Seperti halnya dalam menyalurkan kebutuhan air bersih bagi warga terdampak kekeringan seperti sekarang ini.

Kepala Markas PMI Kabupaten Pati Totok Sugiyanto mengatakan, pada musim kemarau seperti sekarang ini, pihaknya lebih sering mendistribusikan permintaan bantuan di daerah-daerah krisis air bersih. “Di sini PMI sudah melakukan bakti masyarakat, dari bantuan air bersih terutama. Jadi ari bersih ini kita distribusikan ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan mulai dari sekarang hingga nanti selesai musim kemarau,” ujarnya.
Menurut Totok Sugiyanto, PMI Kabupaten Pati setiap hanya hanya mampu menyalurkan bantuan air bersih sejumlah enam tangki masing-masing dengan kapasitas lima ribu liter. Distribusi lebih banyak ke daerah kawasan Pati selatan seperti Kecamatan Jaken, Jakenan, Pucakwangi, Winong, Gabus, Kayen, Sukolilo dan Kecamatan Tambakromo. “Kami hanya melayani dengan dua truk tangki pengangkut air. Hingga saat ini sudah ada enam puluh desa yang kami layani secara bergilir. Sedang untuk airnya kita ambil dari sumber dalam di Desa Geritan. Kalau ambil dari PDAM tidak mampu karena untuk mencukupi pelanggannya sendiri,” ujarnya.
Kepala Markas PMI Kabupaten Pati Totok Sugiyanto mengatakan, selain penyaluran air bersih di musim kemarau, bakti kemanusiaan juga dilakukan bagi para korban bencana alam.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla