Nantinya Calon Pengantin Disyaratkan Test HIV/AIDS

101fm, Pati Kota – Bagi calon pengantin di Kabupaten Pati nantinya harus menjalani test atau uji HIV/AIDS. Kebijakan ini akan berlaku bila Pemerintah dan DPRD Kabupaten Pati sepakat menerbitkan terbitnya regulasi yang mengatur pencegahan dan penggangulangan HIV/AIDS.
Seperti yang telah berlangsung sebelumnya, setiap pasang calon pengantin harus menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka juga akan mendapatkan imunisasi tetanus toksoid (TT). Tapi suatu saat nanti mereka juga harus mengikuti pemeriksaan test HIV/AIDS.

“Selama ini test kesehatan yang sudah berjalan imunisasi TT. Ini nanti calon pengantin akan ada test untuk mengetahui seseorang terinfeksi HIV/AIDS atau tidak. Namana test VCT nanti yang sudah bisa melaksanakan RSUD RAA Soewondo dan beberapa Puskesmas yang ditunjuk. Itu nanti diatur menjadi hal yang wajib sehingga pemerintah bisa melakukan pendeteksian dini. Karena HIV/AIDS dapat ditularkan melalui hubungan intim suami istri, jarum suntik, serta bayi yang lahir dari ibu yang sudah terinfeksi HIV/AIDS,” demikian anggota DPRD Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati kepada radio PAS Pati.
Endah Sri Wahyuningati menambahkan, meski menyakitkan bagi calon pengantin yang diketahui salah satunya terinfeksi HIV/AIDS, tapi pemerintah dalam hal ini bisa mengontrol dan mengetahui seseorang itu terinfeksi atau tidak.
Selain test terhadap calon pengantin, kata Endah Sri Wahyuningati, dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS, di dalam regulasi yang mengaturnya juga mensyaratkan adanya sosialisasi bagi orang-orang yang rentan, seperti perempuan dengan masalah sosial. “Tapi juga dari lingkungan sekolah. Karena trend terakhir kami dapatkan anak-anak sekolah ada juga. Karena sesuatu dan lain hal dia terinfeksi. Tapi bila ini sudah disosialisasi sejak di sekolah, sehingga mereka bisa memahami dan mengerti cara-cara penularan HIV/AIDS. Akhirnya mereka tidak perlu menghindari dan tetap bersosialisasi dengan penderita HIV/AIDS,” ujarnya.
Anggota DPRD Kabupaten Pati dari Partai Golkar Endah Sri Wahyuningati mengatakan, hingga saat ini Rancangan Perda Kabupaten Pati tentang Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS ini, masih dalam pembahasan tahap akhir sebelum akhirnya untuk mendapatkan persetujuan DPRD dan Pemkab Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla