Dengan Pertimbangan Permohonan Maaf Dicabut, Terdakwa Leles Divonis Empat Belas Bulan

101fm, Pati Margorejo – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati menjatuhkan hukuman lebih ringan satu bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Salah satu pertimbangan Majelis Hakim dalam vonisnya, karena terdakwa mencabut permohonan maafnya kepada korban yang pernah dilakukan di persidangan.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Pati yang dipimpin Lisfer Berutu SH MH, didampingi Hakim Anggota Grace Meilanie SH MH, dan Rida Nur Karima SH MHum menjatuhkan vonis kasus pencurian kayu yang terjadi di Desa Srikaton Kecamatan Jakenan, Selasa (10/9/2019). Dalam amar putusanya Majelis Hakim menjatuhkan hukuman penjara empat belas bulan kepada terdakwa Leles warga Desa Srikaton Kecamatan Jakenan. Hukuman itu dikurangkan selama terdakwa berada dalam tahanan. “Menyatakan terdakwa Leles Bin Sukijan, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana diatur dalam pasal 362 KUHP,” demikian ungkap Hakim Ketua Lisfer Berutu SH SH saat membacakan putusan perkara tersebut.
Majelis Hakim dalam putusannya dengan pertimbangan, terdakwa Leles berbelit-belit dalam memberikan keterangannya di persidangan, serta mencabut kembali permohonan maaf yang pernah dilakukannya.
Menanggapi putusan tersebut, terdakwa Leles didampingi tim Penasehat Hukumnya menyatakan pikir-pikir selama lima hari. “Kita akan lakukan kajian-kajian lebih dulu dengan terdakwa. Bila nanti terdakwa ingin banding kita lakukan banding. Tapi kalau menerima kita juga akan sampaian diterima,” demikian Agus Prasetyo SH MH.
Menanggapi sikap terdakwa Leles bersama tim penasehatnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) K Agung Prabowo SH MH juga menyatakan pikir-pikir meski antara putusan dan tuntutannya hanya selisih satu bulan. Selain vonis empat belas bulan penjara potong masa tahanan bagi terdakwa Leles, Majelis Hakim juga memerintahkan sejumlah barang bukti kejahatan dikembalikan kepada korban Endah Dwi Winarni.
Perkara yang mendudukan Leles sebagai terdakwa itu terjadi di lahan kebun milik saksi korban Endah Dwi Winarni turut Dukuh Watur Desa Srikaton Kecamatan Jakenan pada Sabtu (6/4/2019) sekitar pukul 07.00. Terdakwa Leles berhasil memotong dan mengambil lima batang pohon kayu jati kampung dan 1 satu batang pohon kayu nangka.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla