Motivasi Pengembangan Kemampuan Siswa, Disdikbud Pati Gelar LCC SD

101fm, Pati Kota – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati menggelar lomba cerdas cermat (LCC) tingkat sekolah dasar se-Kabupaten Pati. Lomba tersebut berlangsung di aula SMP Negeri 3 Pati, Rabu (11/9/2019).
Puluhan pelajar SD mewakili sekolah mereka berkompetisi di ajang Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat kabupaten Pati tahun 2019.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Winarto mengatakan, lomba LCC ini merupakan agenda tahunan Disdikbud. Lomba ini untuk memberikan motivasi prestasi anak-anak dalam mengembangakan kemampuannya.

“Even ini guna menunjukkan prestasi, lewat ajang ini nantinya mendapatkan siswa yang unggul dari perwakilan kecamatan. Meski dua tahun ini, provinsi tidak menganggarkan untuk tingkat SD dan SMP, sehingga untuk lomba ini, juaranya hanya pada level kabupaten saja,” jelasnya kemarin.
Winarto menurutkan, juara LCC SD tingkat Kabupaten Pati ini, akan mendapat perhatian khusus meski tidak berlanjut ke jenjang lebih tinggi baik provinsi maupun nasional. Ini menjadi sarana untuk menyiapkan wakil Kabupaten Pati ketika diselenggarakan lomba serupa.
Ketua Panitia Penyelenggara Supomo mengatakan, peserta pada lomba LCC itu berjumlah 63. Peserta dalam satu kecamatan jumlahnya ada tiga. Sedangkan untuk mata pelajarannya yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan Ilmu Penetahuan Umum (IPU) yang meliputi IPS dan PPKN.
“Jadi LCC ini adalah mata pelajaran umum di sekolah. Ini tim satu regu ada tiga personil. Nantinya, penilaian ada dua tahap, yaitu tertulis dan tahap dua yakni dekte. 60 soal ada lima tahap, yang terdiri satu tahap 12 soal. Untuk masing-masing tahap terdiri lima pelajaran,” jelasnya.
Juara pada lomba LCC itu, akan mendapatkan piala, dan uang pembinaan berupa tabungan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla