Cetak

Pati – Pondok Pesantren Al Isti`anah Plangitan Pati tahun ini memberangkatkan tujuh santrinya untuk belajar ke Perguruan Tinggi luar negeri.  Yakni ke Universitas Al Azhar Kairo, Mesir.  Acara pelepasan secara resmi di halaman Pondok mengawali rangkaian pemberangkatan ke tujuh santrinya, ke Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, Senin  pagi (4/9). Ponpes juga mengirab para santri tersebut, keliling desa, untuk memotivasi masyarakat terus meningkatkan kualitas pendidikannya.  Para santri tersebut,

Pengasuh Ponpes Al Isti`anah Plangitan Pati, KH. Nurohmad mengatakan, sejak berdirinya hingga sekarang, Ponpes yang diasuhnya sudah banyak mengirimkan santrinya mengikuti tugas belajar ke Universitas Al Azhar Kairo.  3 santri diantaranya sudah menyandang gelar Lc (sarjana strata 1).
“Kenapa saya memilih Universitas Al Azhar Kairo Mesir, karena relatif aman bagi para santrinya memperdalam ilmu keagamaannya. Sehingga, mereka (para santri) masih bisa menjaga aqidah keilmuannya serta nasionalisme dan ke-Indonesia-an yang didapat selama belajar di Pondok Pesantren,” kata Pengasuh Ponpes Al Isti`anah, KH. Nurohmad.
KH Nurohmad mengatakan,  pemberangkatan tugas belajar santrinya ke Universitas Al Azhar Kairo, Mesir itu, merupakan wujud kontribusi nyata lembaga pondok pesantren kepada daerah, maupun negara, di bidang agama. Di samping tetap getol menanamkan kepribadian bangsa Indonesia, yang berpedoman kepada 4 konsensus dasar bernegara dan berbangsa, yang meliputi Pancasila, UUD`45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
“Penanaman nilai-nilai kepribadian bangsa di dalam pembelajaran di Pondok Pesantren, saya perintahkan kepada para pengajar (pendidik) agar setiap hari setiap siswa maju untuk melafalkan Pancasila di depan kelas,” terangnya.
Selain tujuh santri tugas belajar ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Ponpes Al Isti`anah Plangitan Pati, tahun ini juga memberangkatkan 4 santrinya untuk tugas belajar ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.(•)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s