Keluhkan Stabilitas Harga, Petani Diminta Tingkatkan Produksi Dengan Kualitas Baik

101fm, Pati Gembong – Lagi-lagi harga jual komoditas palawija menjadi keluhan para petani yang selalu merugi di setiap musim panen seperti halnya harga singkong (ubi kayu). Tapi di sisi lain, petani diminta untuk meningkatkan produksi ubi kayu dengan kualitas baik.

Ubi kayu atau singkong merupakan produk komoditas yang belum diatur pemerintah sehingga soal harga tergantung kondisi pasar. Untuk itu, petani ubi kayu lokal di daerah diminta untuk meningkatkan mutu tanamannya, sehingga hargannya tetap stabil, dan selalu dapat untung di setiap panennya.
Pada acara Famers Field Days (FFD) Panen Ubi Kayu Kabupaten Pati 2019 di Desa Bremi Kecamatan Gembong, Senin (16/9/2019), Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Pati diwakili Kabid Penyuluhan Didik Eka berharap, petani untuk meningkatkan hasil panen dengan kualitas yang baik. Sehingga pabrik tapioka akan menentukan harga yang layak. “Ada beberapa hal yang berkaitan dengan pola tanam. Petani ini sebagai produsen, jadi harus menyesuaikan dengan konsumennya. Unuk ubi kayu ini agak unik, karena petani juga panen tidak hanya semata-mata dipengaruhi oleh teknis, jadi perlu diperhatikan karena akan mempengaruhi kualitas dari tapioka sendiri,” katanya.
Terhadap pola tanam, Didik Eka meminta agar petani tetap menanami kebunnya meski secara teknis memang tidak bisa ditanami, tapi dianjurkan menanaminya dengan komoditas lain lain. Terlebih terkait cuaca yang harus disiasati.
“Dari materi FFD tergantug dari situasi yang benar-benar menjadi perhatian bersama. Saya titip dua hal. Yang pertama adalah Zakat (hasil bumi) dan yang kedua agar memikirkan untuk generasi selanjutnya dalam rangka menjaga kesuburan tanah,” ujar Didik Eka.
Kabid Penyuluhan Dispertan Pati Didik Eka mengatakan, kegiatan temu lapang petani dengan panen ubi kayu itu, dihadiri oleh para kelompok tani, kepala desa setempat, personil Koramil, perwakilan Dinas Pertanian Pati, serta perwakilan dari beberapa kecamatan sekitar.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla