Sejumlah PKL di Pusat Kuliner Pati Keluhkan Pendapatan

101fm, Pati Kota – Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di Pusat Kuliner Pati yang menempati bekas tempat penimbunan kayu (TPK) Perum Perhutani, mengeluhkan pendapatan. Pasalnya setelah berpindah dari Alun-Alun Pati ke lokasi baru, pendapatan mereka tak kunjung membaik, sementara harus membiayai kebutuhan hidup dan biaya sekolah anak-anaknya.
Sudah enam bulan terakhir ini para pedagang kaki lima eks Alun-Alun menempati Pusat Kuliner Pati di TPK Perum Perhutani. Tapi, para pedagang kembali berharap pemerintah memperhatikan nasib mereka. Karena sejak menempati lokasi baru itu, sejumlah PKL mengaku merugi bahkan seorang pedagang terpaksa harus menunda harapan anaknya untuk melanjutkan kuliahnya. Padahal awalnya mereka berharap besar dengan menempati lokasi wisata kuliner itu pendapatan meningkat.

“Dahulu waktu masih di Alun alun Pati pendapatan kami baik. Namun sekarang, malam minggu paling banter dapat Rp 100 ribuan. Kalau hari biasa ya tidak tentu, kadang Rp 30 – 70 ribu itupun pendapatan kotor. Buat kulakan saja, kami kesulitan,” demikian keluh Hasanah pedagang pempek di Pusat Kuliner Pati, Rabu (25/9/2019).
Pedagang lainnya Restiowati juga mengungkapkan hal seerupa. Dia mengaku pernah dalam semalam tak membawa hasil jualan, karena tidak ada pembeli. “Nasi sering buang, paling itu telur sama sayuran yang bisa dipakai lagi. Dulu saya jualan nasi goreng, ayam geprek dan kentucky. Sekarang nasi goreng sudah tidak karena tidak laku,” katanya.
Sejumlah event yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati juga tak berpengaruh signifikan terhadap pendapatannya. Pengunjung yang membludak tapi kebanyakan dari mereka membawa bekal makan dan minum sendiri.
Para pedagang berharap pemerintah menyediakan tempat berjualan yang represntatif dari TPK. Atau memberikan kembali kesempatan para PKL untuk berdagang di sepanjang jalan menuju Alun-Alun Pati. Setidaknya dapat mencontoh seperti Kabupaten Kudus dengan taman Balai Jagong.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla