Motivasi Warga Hidup Sehat, Pemdes Pohijo Buatkan Jamban

101fm, Pati Margoyoso – Pemerintah masih perlu untuk memotivasi warga masyarakatnya untuk hidup sehat, seperti halnya tidak buang air besar sembarangan (BABS). Contohnya memberikan stimulant dana untuk pembuatan jamban kepada warga kurang mampu. Pemdes Pohijo Kecamatan Margoyoso membuat gebrakan dalam memotivasi warganya untuk hidup sehat. Dengan bantuan stimulant yang bersumber dari Pendapatan Asli Desa (PADes), membuatkan jamban kepada warganya, agar tidak lagi buang air besar sembarangan (BABS).

Diwawancara di acara Kopi Pagi Radio PAS Pati Sabtu pagi (28/9/2019), Kades Pohijo Kecamatan Margoyoso mengatakan, pihaknya telah membuatkan tujuh puluh sembilan jamban untuk warganya yang kurang mampu. “Kami dari desa menganggarkan dari Pendapatan Asli Desa (PADes). Karena ADD dan DD sudah dianggarkan tidak bisa diubah-ubah. Karena perencanaan sudah jadi sehingga tidak untuk membiayai kegiatan yang lainnya. Kebetulan ada siLpa 2018 sejumlah Rp 60juta itu untuk membantu 72 warga. Sehingga perkiraannya satu warga mendapat stimulant dana hampir Rp800ribu. Itu kami berikan bukan dalam bentuk uang, tapi dengan kesepakatan kita belikan closet, septic tank dan resapan serta tiga zak semen,” ujar Kades Pohijo.
Dalam perbincangan itu Darwati mengatakan, hingga saat ini program jambanisasi di Desa Pohijo dari 79 titik sasaran telah diselesaikan 50 titik sasaran pembuatan jamban. Sedang sisanya 29 titik, masih dalam proses perencanaan dan pengerjaan. “Tadi sudah ada lima puluh, berarti tinggal 29 titik yang belum selesai. Ternyata yang belum memiliki WC itu ada 15 warga, sementara dari hasil survey ternyata yang 14 warga sudah memiliki WC bagus, tapi langsung dibuang ke sungai sehingga kita tinggal member bantuan septic tanknya saja,” ujarnya.
Kades Pohijo Kecamatan Margoyoso Darwati mengatakan, program jambanisasi yang dilakukan didesanya dengan dukungan berbagai pihak termasuk Karang Taruna dan Saka Bakti Husada itu merupakan program percepatan dalam mendukung pencanangan seluruh desa di Kabupaten Pati tanpa buang air besar sembarangan (BABS) atau open defecation free, pada Oktober mendatang.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla