Delapan Desa Bakal Terlambat Pencairan Dana Desa Tahap III

101fm, Pati Kota – Pada Oktober mendatang pencairan tahap III untuk proyek pembangunan yang menggunakan Dana Desa (DD) diharapkan selesai. Namun ada sejumlah desa yang hingga akhir September ini, masih belum menyampaikan laporannya penyerapan anggaran maupun pengerjaan fisik, dalam penggunaan Dana Desa (DD).
Sejumlah desa di Kabupaten Pati kini masih terkendala untuk pencairan dana desa tahap III. Mereka bakal terlambat dalam pencairannya bisa sampai akhir September ini, belum dapat menyelesaikan penyusunan laporan penyerapan anggaran yang bersumber dari Dana Desa (DD).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pati Turi Admoko mengatakan, keterlambatan dalam pelaporan penyerapan anggaran DD itu lebih dikarenakan pengisian administrasi sistem keuangan desa (Siskeudes). “Kendalanya administrasi pengisian Siskeudes yang sudah tersistem. Sehingga Dispermades meminta agar kedelapan desa tersebut untuk segera menyelesaikan pengisian administrasi Siskeudes. Kita sampaikan lewat KPPS laporan penyerapan anggaran II,” ujar Kepala BPKAD Pati.
Turi Admoko menjelaskan, persyaratan pencairan tahap III, minimal penyerapan anggaran 75% dan 50% pelaksanaan fisiknya. Sementara KPPN berharap kedelapan desa itu segera bisa mencukupi sehingga Kabupaten Pati bisa seratus persen. Untuk desa-desanya yang paham Dispermades. “Kalau misalkan siang ini mencukupi ya bisa 100%, kalau belum akan ditinggal besuk pagi. Tapi ini masih bisa menyusul karena untuk pencairan ADD tahap III itu ada dua kali. Harapan kami bisa sekali.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pati Turi Admoko mengatakan, untuk pencairan DD tahap ketiga ini terbagi dalam dua periode dengan batas waktu hingga akhir Oktober mendatang.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla