Jambu Lumut Kayen Varietas Lokal Milik Kabupaten Pati

101fm, Pati Kayen – Banyak jambu air yang dijual di pasaran umum. Namun dari banyak jambu itu baru sebagian warga pati yang mengenal dengan jambu varietas lokal daerahnya. Bahkan pemasaran jambu varietas lokal yang banyak tumbuh di wilayah Kecamatan Kayen ini, sudah merambah ke sejumlah kota termasuk Jakarta.
Kabupaten Pati ternyata memiliki jambu air varietas lokal dengan cita rasa yang berbeda dengan jambu-jambu air lainnya. Meski demikian, jambu lokal varietas jambu lumut kayen ini belum banyak dikenal masyarakat.

Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dispertan Pati Wilayah Kecamatan Kayen Eny Prasetyowati mengatakan, jambu lumut kayen meski sudah terdaftar di Kementerian Pertanian (Kementan) RI, namun belum banyak dikenal masyarakat Kabupaten Pati. Untuk itu pihaknya ingin mendongkrak jambu varietas lokal ini untuk bisa lebih dikenal masyarakat luas. “Sebetulnya warga Kabuapten Pati sudah punya jambu lokal kayen sudah lama tapi nama jamu tersebut belum moncer atau belum banyak dikenal masyarakat. Justru yang lebih banyak dikenal justru jambu demak. Jadi kita ingin jambu lumut kayen mempunyai dan bisa dikenal masyarakat luas,” tuturnya
Eny Prasetyowati menambahkan, masyarakat di Kecamatan Kayen justru mengenal jambu varietas lokal ini dengan jambu hijau karena warnanya yang kehijauan, atau jambu syech jangkung karena banyak tumbuh dan dibudidayakan oleh masyarakat setempat. “Sebenarnya jambu ini sudah terdaftar sejak 2015 di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementan RI, sebagai varietas lokal dengan nomor pendaftaran 178-vts-2015. Di mana di sini tertera nama pemohonnya Bupati Pati dan terdaftar sejak 24 April 2015 dengan nama varietasnya jambu lumut kayen,” terang Eny Prasetyowati.
Pemerintah Kabupaten Pati, kata Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Dispertan Pati Wilayah Kecamatan Kayen Eny Prasetyowati, merespon positif dan mendorong masyarakat di Kayen untuk terus membudidayakan jambu varietas lokal jambu lumut kayen, yang oleh orang Jakarta disebut jambu hijau pati. Pemerintah juga berencana akan membagikan enam ratus bibit jambu varietas ini kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kayen.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla