685 Milyar Rupiah Nilai Ekspor Pati Optimis Tercapai

101fm, Pati Margorejo – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati optimis mampu mencapai nilai ekspor ke luar negeri mencapai ratusan milya rupiah. Bahkan tahun ini capaian nilai ekport cenderung meningkat dibanding tahun sebelumnya.
Nilai eksport Kabupaten Pati tahun ini diprediksi menunjukkan trend meningkat. dibanding tahun sebelumnya menjadi 685 Miliar rupiah. Sedang nilai import hanya sekitar 211 milyar rupiah pada 2017 .

Kepala Disdagperin Pati Riyoso diwakili Kepala Seksi Ekspor Impor Sukardi mengatakan, optimisme peningkatan nilai eksport tersebut ini berdasar indikator banyaknya investor yang masuk di Kabupaten Pati.
“Kemungkinan besar jumlah perusahaan yang akan masuk semakin banyak. Hanya saja kami belum tahu dari sisi nilainya naik apa turun, karena melihat kondisi 2017-2018 terjadi penurunan sekitar 16 persen. Semuanya lebih dipengaruhi oleh menurunnya kinerja ekspor PT Dua Putra Utama Makmur,” jelasnya.
Sukardi mengatakan, peningkatan nilai ekspor produk asal Pati yang terlihat itu menunjukkan trend yang baik. Sayangnya, rerata importir langsung lapor ke Kementerian Perdagangan. Sehingga tidak tercatat nilai ekspornya. Ia menyebut, produk itu seperti halnya arang batok klapa dan kapok randu.
“Produk-produk ekspor asal Pati merupakan hasil furniture dengan negara tujuan Eropa. Seperti di Belgia, Inggris, dan Swedia. Untuk hasil perikanan lebih mendominasi di Asia Timur, seperti Jepang dan Taiwan dan hasil olah kacang ke China dan sejumlah negara Asean,” imbuhnya.
Kepala Seksi Ekspor Impor Sukardi menuturkan, hingga saat ini pihaknya belum dapat menyajikan laporan nilai ekspor 2019 secara rinci karena semua data belum masuk.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla