Jumat Pertama Setiap Bulan ASN di Pati Kenakan Pakaian Adat

101fm, Pati Kota – Seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) di Pati wajib mengenakan pakaian adat daerah setempat, pada Jumat pekan pertama setiap bulannya. Ketentuan tersebut menindaklanjuti Surat Keputusan (SK) Bupati Pati.
Ada pemandangan berbeda dari hari–hari biasanya di lingkungan Sekretariat Pemkab Pati. Hampir sebagaian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan pakaian adat. Ternyata, memang mulai Oktober 2019 ini, Pemkab Pati mewajibkan ASN-nya mengenakan pakaian adat pada Jumat pekan pertama setiap bulannya.

Diwawancara radio PAS Pati Jumat pagi (4/10/2019), Wakil Bupati Saiful Arifin mengatakan, ketentuan itu sudah menjadi keputusan Pemkab Pati untuk melestarikan budaya seperti mengenakan pakaian adat. “Di Pati diawali di minggu pertama di Jumat itu setiap bulan. Ini sudah ada SK Bupati-nya, jadi kita sudah ada. Ke depan barangkali seluruh dari ASN bisa mengikuti anjuran ini, tapi awal-awal ini pejabat struktural dulu. Memang ini bagian dari menghargai budaya kita terutama budaya Kabupaten Pati,” katanya.
Wakil Bupati Pati Saiful Arifin mengatakan, memang saat ini pakaian adat yang dikenakan memang bahannya agak tebal, tapi nanti mungkin akan menggunakan bahan dengan tidak terlalu tebal sehingga bisa leluasa dalam bergerak. Nantinya ketentuan mengenakan pakaian adat juga akan diwajibkan di sekolah-sekolah. “Ini juga kan menguatkan industri perbatikan di Kabupaten Pati. Kan ada batiknya ya, ini juga bagian daripada penguatan UMKM batik ini bisa berkembang terus,” ujarnya Saiful Arifin.
Sebagai upaya pentaatan ketentuan tersebut, seluruh jajaran ASN terutama para pejabat struktural di lingkungan Pemkab Pati menggelar apel dengan mengenakan pakaian adat.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla