Badan Informasi Geospasial Delineasi Batas Wilayah Administrasi Di Pati

Pati – Tim Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia, akan melakukan delineasi atau pemetaan batas wilayah administrasi  desa/kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Pati. Ini dilakukan karena, sampai sekarang banyak batas desa di Kabupaten Pati masih belum ada penegasan batas wilayah adminstrasinya.

Penataan dan penegasan batas wilayah administrasi desa / kelurahan di Kabupaten Pati, melalui program delineasi Badan Informasi Geospasial RI secara kartometrik,  dengan pemanfaatan teknilogi pengindraan resolusi tinggi, tetap melibatkan kesepakatan antar Kades yang wilayahnya bersebelahan.
Kepala Pusat Pemetaaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) RI, Ir Tri Fatmasari mengatakan, delineasi merupakan program nasional, dalam hal percepatan penataan penegasan batas desa di seluruh Indonesia.  
“Sehingga didapatkan peta kerja di desa, berupa peta citra desa. Untuk tahun ini kita menyelenggarakan di 8ribu desa.  Diantaranya di 406 desa/kelurahan di Kabupaten Pati. Tentunya ini ada pekerjaan dilapangan, karena harus bekerjasama dengan Kades untuk menyepakati daerah-daerah mana yang lebih mengetahui lebih persis adalah para Kades,” terangnya.
Menurut Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah BIG RI, Tri Fatmasari, batas antar daerah itu, bisa   berupa batas alam, seperti sungai, atau berupa batas non alam, seperti jalan.  Dan setelah batas desa jelas, tegas dan baik dari aspek hukum, dan aspek teknisnya,  batas administrasi antar desa / kelurahan akan lebih tertib administrasi.
“Kalau batas daerahnya sudah jelas dalam penatalaksanaan dalam melakukan pembangunan, akan lebih cermat. Sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih nantinya, dalam pemberian izin, dan keterkaitan pelaksaaan sensus,” katanya.
Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah BIG RI, Ir Tri Fatmasari menargetkan, program delineasi batas wilayah adminstrasi 406 desa / kelurahan di  Pati selesai dalam 2 bulan dengan melibatkan lima tim.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla