Pemkab Pati Kembali Terima Penghargaan WTP

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati kembali menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Kemenkeu RI, dalam pengelolaan keuangan. Kepala Kanwil Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah menyerahkan penghargaan tersebut, kepada Bupati Pati Haryanto didampingi Wakil Bupati Saiful Arifin, Senin pagi (7/10/2019).
Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mengapresiasi Pemkab Pati dalam pengelolaan keuangan yang selama diterimanya. Diharapkan penghargaan itu dapat memacu dan memotivasi Pemkab Pati dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan pada 2019 ini.

“Tiap tahun mendapat penghargaan semakin pengelolaan keuangan kita itu semakin baik. Jadi tidak semakin menurun karena apa, jangan disamakan kalau yang tadinya dapat mesti dapat enggak. Jadi WTP itu memang betul-betul akuntantabilitas keuangan dipertanggungjawabkan. Jadi enggak bisa kalau misalnya tadinya dapat bisa saja turun jadi WDP, kemudian bisa jadi disclimer juga ada. Jadi kita daerah kita yang 4 kali berturut-turut atas kerjasama saya, Wakil Bupati, Sekda dan seluruh OPD bersama-sama,” demikian Bupati Pati Haryanto usai menerima penghargaan tersebut, di ruang rapat Pragola Setda Pati.
Menurut Bupati Haryanto, kriteria penghargaan itu diperoleh dengan penilaian terkait pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban asset harus sinkron. Sehingga antara pengadaan barang jasa dengan pencatatan aset ini harus keberlanjutan. “Jangan beli saja terus tapi tidak dicatat tapi nyata nggak ada. Jadi seperti yang disampaikan tadi data itu sangat penting sangat akurat, karena kalau kita nggak punya data kita sudah barang tentu nggak bisa menentukan kebijakan,” ujarnya.
Bupati Pati Haryanto juga berharap para camat harus mendorong pengelolaan dana desa oleh pemdes di wilayahnya harus proposional sesuai tahapan-tahapan pencairan dan pemanfaatannya.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla