Banyak Jalan Poros Desa di Pati Akan Dibangun

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati segera membangun puluhan jalan poros antar desa. Ini lebih untuk menggerakan perekonomian desa agar bisa berkembang. Ada lima puluh tiga titik jalan poros desa yang rencananya akan dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Pati tahun ini. Secara keseluruhan pembiayaannya menggunakan alokasi APBD perubahan 2019 ini.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pati Turi Atmoko mengatakan, jalan poros desa yang akan direalisasi itu jalan penghubung antar desa untuk memperlancar akses perekonomian terutama hasil pertanian. “Mengingat waktu yang sangat mepet kalau di perubahan APBD itu kan yang banyak jalan poros desa, yang banyak kecil-kecil kalau nggak salah ada 53 titik Jalan,” katanya.
Turi Atmoko menambahkan, nilai anggaran untuk membiayai pembangunannya rerata dua ratus jutaan rupiah dengan sistem pengerjaan swadaya karena waktunya yang pendek. Sebab kalau melalui lelang akan memakan waktu lama sementara pengerjaan proyeknya harus selesai tepat waktu. “Ya kalau dengan waktu pendek kan kalau lelangen ya terlalu terlalu lama, sedang dengan penunjukan langsung (PL), dengan nilai anggaran Rp200juta-an pelaksanaannya lebih cepat, paling butuh waktunya seminggu atau dua minggu itu selesai ,” terangnya.
Kepala BPKAD Pati Turi Atmoko mengatakan, selain pembangunan jalan poros desa sejumlah lima puluh tiga titik, Pemerintah Kabupaten Pati juga merencanakan pengaspalan jalan antar stand di Pusat Kuliner Pati. Karena pihaknya telah menandatangani daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA), sehingga pihak ketiga pemenang lelang segera mengerjakannya.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla