Sumber Daya Genetik Lokal Pati Terima Sertifikasi Dari BPTP Jawa Tengah

101fm, Pati Kota – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah menyerahkan sertifikasi sumber daya genetik lokal di Kabupaten Pati. Penyerahan sertifikat itu sebagai bentuk perlindungan kepada jenis tanaman lokal dengan kekhasan tersendiri yang ada di daerah.
Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) yang ada di daerah berkewajian untuk mengamankan dan melindungi sumber daya genetik lokal yang ada di masing-masing daerah seperti halnya di Kabupaten Pati.

Ketika diwawancara Radio PAS FM Pati, Rabu pagi (9/10/2019), Kepala BPTP Jawa Tengah DR Ir Harwanto MSi mengatakan, di Pati selama ini masih ada varietas-varietas unggulan yang belum didaftarkan atau disertifikasi. “Kenapa ini penting kita amankan, karena kalau varietas lokal yang ada di Pati kayak yang sekarang ada itu alpukat cluwak dan ketela pohon prethel khas yang hanya ada di Pati. Ini kalau kalau dicuri orang nanti yang memiliki orang lain,” ujar Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.
Harwanto mencontohkan, alpukat cluwak yang sedang didaftarkan tingkat kemanisan dan kelezatan rasanya khas, dan tidak akan ditemukan di daerah lain. Untuk itu, pemerintah berkepentingan untuk mengamankan agar tidak dimiliki orang atau negara lain. Sedang untuk ketela pohon varietas unggul jenis prethel Pati memilki tepung tapikoka yang tinggi sebagai bahan baku industri. “Nah kalau ini sudah kita amankan, langkah berikutnya adalah kita lepas sebagai varietas nasional. Nanti siapapun yang akan mengembangkan itu harus izin dengan memberikan royalti. Karena tidak boleh serta merta terus mengambil mengembang seperti itu. Nanti harapannya adalah dengan setelah kita daftarkan kita Lepas itu menjadi kekayaan Pati. Barangsiapa yang akan mengembangkan ini nanti akan tumbuh-tumbuh penjual benih atau penangkar-penangkar untuk kita kembangkan nanti ekonomi masyarakat itu akan bertumbuh dan kembang,” kata Harwanto.
Sebelumnya, kata Kepala BPTP Jawa Tengah DR Ir Harwanto MSi, Kabupaten Pati telah memiliki sejumlah sumber daya genetik lokal tanaman lokal yang bersertifikat varietas unggul milik nasional, diantaranya jeruk pamelo yang sudah dibudidayakan di Desa Bageng Kecamatan Gembong dan kelapa kopyor di Dukuhseti.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla