KONI Jateng Survei Verifikasi Kesiapan Venue Porprov 2021 di Pati Raya

101fm, Pati Kota – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah kini mulai mensurvei kesiapan calon tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke 26, yang akan dihelat pada 2020. Ada enam cabang olahraga yang akan diselenggarakan di Pati bila nanti Porprov 2020 jadi digelar di wilayah Pati Raya yang meliputi Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Blora, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Kudus, dan Kabupaten Jepara.
Ada empat wilayah yang kini berambisi untuk menjadi tuan rumah Porprov Jateng ke 26 mendatang. Diantaranya Solo, Tegal, Semarang dan Pati Raya. Untuk melihat kesiapannya sebagai tuan rumah, KONI Jawa Tengah menerjunkan timnya ke empat daerah itu untuk melakukan survey verifikasi, Kamis (10/10/2019).

Saat memimpin survey verifikasi di Kabupaten Pati, Kabid Binpres KONI Jawa Tengah Mugiyo Hartono mengatakan, pihaknya akan seobyektif mungkin dengan melihat kondisi nyata di lapangan yang tersebar di enam kabupaten di wilayah Pati Raya. “Kami akan berupaya untuk seobyektif mungkin riil, yang akan kita tonjolkan adalah yang ada di Pati seperti apa, Solo seperti apa, Pekalongan dan sekitarnya seperti apa, dan di Semarang kayak apa, nanti hasilny akan kita serahkan ke gubernur. Kami akan menyerahkan tiga dari empat calon itu berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan,” katanya.
Menurut Kabid Binpres KONI Jawa Tengah Mugiyo Hartono, salah satu faktor pertimbangan teknis tuan rumah penyelenggaraan porprov, terkait kesiapan venue dan aksesibilitas baik akomodasi, transportasi maupun pelayanan kesehatan untuk kelancaran pertandingan.
Ketua KONI Kabupaten Pati Edy Buntoro berkeinginan, Porprov Jawa Tengah bisa  terselenggara di wilayah timur. Sehingga muncul gagasan enam kabupaten di eks karesidenan Pati membentuk Pati Raya, yang diketuai Fahturahman dari Kabupaten Blora. Dan seandainya Pati Raya jadi tuan rumah Porprov Jateng ke 26, pembukaan dan penutupannya diselenggarakan di kabupaten lain. “Karena Pati tidak sanggup, baik lahannya, akhirnya disepakati pembukaan dan penutupan di Kabupaten Kudus. Dalam rapati tindak lanjut menghasilkan kesepakatan pembagian cabang-cabang olahraya yang dipertandingkan dengan melihat kekuatan masing-masing kabupaten. Dan kita (Kabupaten Pati) mendapat delapan venue,” kata Ketua KONI Kabupaten Pati Edy Buntoro.
Hingga saat ini, tim yang diterjunkan KONI Jawa Tengah belum melakukan penilaian (assessment), karena masih harus mensurvei dengan verifikasi faktual dari satu kabupaten ke kabupaten lain yang tergabung di Pati Raya. KONI akan memutuskan daerah calon tuan rumah penyelenggara Porprov Jawa Tengah untuk diserahkan ke Gubernur Ganjar Pranowo akhir tahun ini. Sehingga daerah yang menjadi tuan rumah bisa lebih leluasa mempersiapkan diri.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla