Komisi D DPRD Pati Telisik Zonasi PPDB SMP

101fm, Pati Gabus – Komisi D DPRD Kabupaten Pati menelisik soal penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMP dengan sistem zonasi. Karena sistem itu dinilai membatasi keleluasaan siswa untuk belajar di sekolah yang mereka inginkan.
Sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang berlaku pada tahun pelajaran 2018/2019 lalu belum memberikan keleluasaan bagi para pelajar bersekolah yang diinginkannya. Untuk itu Komisi D DPRD Kabupaten Pati menginspeksi dadakan ke sejumlah sekolah secara acak salah satunya di SMP Negeri 1 Gabus.

“Sementara yang perlu kita kaji adalah zonasi, yakni membatasi anak-anak belajar di tempat (sekolah) yang diinginkan,” demikian Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto saat diwawancara di sela-sela sidaknya di SMP Negeri 1 Gabus, Rabu (23/10/2019).
Politikus Partai Gerindra dari Dapil I Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto mengatakan, pihaknya akan menyampaikan sistem zonasi dalam PPDB tersebut ke Kemendikbud. Komisi D DPRD Pati meminta agar dalam penerapan sistem zonasi itu, lokasi sekolah tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal serta mudah dijangkau oleh peserta didik. Di wilayah Kecamatan Winong atau Kecamatan Sukolilo anak-anak yang hendak melanjutkan sekolah ke SMA kesulitan. Untuk itu sistem zonasi perlu ditinjau kembali.
Kepala SMP Negeri 1 Gabus Suparkin berharap sistem zonasi yang masih menimbulkan permasalahan di PPBD dapat segera diselesaikan. Karena bagi lulusan peserta didiknya yang hendak melanjutkan ke SMA mengalami kesulitan. Sehingga banyak yang melanjutkan ke sekolah swasta atau madrasah. “Karena jarak Gabus ke Pati atau ke Kayen juga jauh. Sehingga lulusan peserta didik di SMP Negeri 1 Gabus tidak diterima di sekolah negeri. Jika pun itu ada itu melalui jalur prestasi. Untuk itu kami meminta pemerintah agar anak didiknya bisa masuk di sekolah negeri karena banyak yang berpotensi dan bersaing,” jelas Kepala SMP Negeri 1 Gabus Suparkin.
Sedang bagi lulusan SD sekitar, kata Kepala SMP Negeri 1 Gabus Suparkin lebih banyak mendaftar di SMP Negeri 1 Gabus. Hanya saja untuk seleksi tetap menyesuaikan kuota dan aturan yang ada.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla