Selama Operasi Zebra Candi, Polisi Tindak Tegas Pelanggaran Ketentuan Berlalulintas di Jalan Raya

101fm, Pati Kota – Razia kepolisian bersandi operasi zebra candi 2019 segera digelar di wilayah hukum Polres Pati, mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019. Operasi selama empat belas hari itu, untuk menciptakan keamanan ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamtibcarlantas).
Masyarakat Kabupaten Pati kini harus menaati dan mematuhi ketentuan saat berlalulintas di jalan raya. Pasalnya aparat kepolisian akan menegakan hukum dalam setiap pelanggaran ketentuan berlalulintas selama berlangsung operasi zebra candi.

Saat diwawancara radio PAS Pati di sesi wawancara Kopi Pagi, Rabu (23/10/2019), Kasatlantas Polres Pati AKP Ari Prayitno mengatakan, sasaran dari operasi ini adalah kelengkapan seseorang dalam berkendaraan berupa SIM, helm SNI, kaca spion, serta surat-surat kelengkapan kendaraan. “Kami menyarankan seluruh warga Kabupaten Pati, khususnya bagi pengendara yang belum cukup umur kita larang. Jadi kita minta bantuan orang tua untuk mengantarkan anaknya ke sekolah. Karena pada saat operasi penindakan ini, kita akan menindak anak-anak yang mengendarai kendaraan,” terangnya.
Karena operasi zebra candi 2019 ini untuk penindakan tegas, kata Kasat Lantas AKP Ari Prayitno, pihaknya akan menilang di tempat bagi pelanggar ketentuan berlalulintas di jalan raya. Dan bagi pelanggaran terutama anak-anak di bawah umur, pada saat sidang di Pengadilan Negeri, orang tua akan diminta untuk hadir. “Sebenarnya esensi dari operasi zebra candi ini untuk menertibkan dan bukan permasalahan pada waktu pelaksanaan. Kita sudah selayaknya sebagai warga Negara untuk mematuhi peraturan perundang-undangan. Sekalipun tidak ada petugas harus tetap rapi, aman dan lancar karena berkendara di jalan raya bukan miliki kita, tapi kepentingan berkendaraan di jalan raya untuk kepentingan semua orang. Sehingga kita tertib untuk melindungi diri sendiri dan orang lain di jalan yang sama,” katanya.
Kasat Lantas Polres Pati AKP Ari Prayitno mengatakan, dalam operasi zebra candi ini juga akan melakukan penindakan tegas berupa tilang terhadap pelanggaran kecepatan, pelanggaran sabuk keselamatan, penggunaan HP saat berkendara, pelanggaran lawan arus, pelanggaran strobo atau rotator dan sirine serta penindakan kepada pengguna kendaraan yang tidak memenuhi semua aturan berlalu lintas berdasar Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla