56,3 Milyar Rupiah Santunan Jasa Raharja Bagi Korban Kecelakaan Lalulintas

101fm, Pati Margorejo - Senilai lebih dari 56,3 milyar rupiah santunan Jasa Raharja telah tersalurkan kepada korban kecelakaan lalulintas baik di darat maupun di laut. Pembayaran santunan ini mengalami peningkatan lebih dari tiga milyar rupiah pada periode yang sama.
PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Pati telah menyalurkan santunan kecelakaan lalulintas baik yang terjadi di darat maupun di laut, sesuai Undang-Undang Nomor 33 tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalulintas jalan dan Undang-Undang Nomor 34 tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang.

Penanggungjawab Teknik PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Pati Muhammad Hasbi mengatakan, secara teknis, pihaknya selaku operator pelaksana UU Nomor 33 dan 34 tahun 1964 berada di bawah Kementerian BUMN, namun regulasinya berada di Kementerian Keuangan. “Setiap orang yang menjadi korban kecelakaan umum, berhak mendapat santunan dari pemerintah. Seperti contoh penumpang umum plat kuning. Apapun yang terjadi maka penumpang mendapatkan jasa raharja. Itu dari iuran wajib,” jelasnya.
Proses penyaluran, kata Muhammad Hasbi dijamin sesuai regulasi yang mengatur, mekanisme prosedurnya harus ada laporan dari kepolisian. Dan prosesnya untuk yang meninggal dunia dalam dua harus bisa dipastikan santunan sudah diberikan kepada ahli waris yang sah. Untuk korban luka-luka, Jasa Raharja akan memberikan pelayanan terbaik selama dalam perawatan di rumah sakit.
“Jasaraharja perwakilan Pati sudah bekerjasama dengan rumah sakit se eks-karesidenan Pati. Jadi korban tidak perlu memikirkan dana lagi. Itu, ditanggung jasaraharja,” kata Muhammad Hasbi.
Penanggungjawab Teknik PT Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Pati Muhammad Hasbi mengatakan, nilai santunan untuk korban kecelakaan lalulintas yang meninggal maksimal Rp50 juta, sedang yang luka-luka pembiayaan santunan selama di rumah sakit maksimal Rp20 juta. Khusus di wilayah perwakilan Pati, PT Jasa Raharja (Persero) rerata menangani tiga puluh berkas perhari.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla