Pati Miliki BUMDes Co-Working Space Pertama di Indonesia

101fm, Pati Kota – BUMDesa Co-Working Space Kabupaten Pati mulai beroperasi untuk menggerakan ekonomi desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dibentuknya. Co-Working Space berbasis Badan Usaha Mikik Desa (BUMDes) ini pertama di Indonesia yang digerakkan oleh kalangan muda.

BUMDesa Co-Working Space itu merupakan kantor dari 159 desa dengan membentuk BUMDes bersama. Ini merupakan terobosan terbesar di Indonesia, setelah delapan bulan pengelolaan BUMDes membentuk beberaapa unit usaha dengan mengkolaborasikan perkembangan digital teknologi.
Asisten Sekda Pati bidang ekonomi, keuangam dan Pembangunan Muhtar mengungkapkan, sejauh ini dari usaha yang ada, sudah terdiri dari enam unit layanan kesehatan klinik BUMDes bersama. Sedangkan, unit ke 5 akan segera dilaunching.
“Selain itu ada juga kerja sama dengan desa berbrntuk konstruksi dan material. Harapan kami kerja sama antar desa ini menjadi strategi dan kunci sukses menjadi desa sejahtera dan maju. Serta tidak bergantung pada kucuran dana dari pemerintah,” jelasnya usai acara pembukaan coworking space,” katanya.
Manfaat dari BUMDes gabungan antar desa ini, kata Muhtar, untuk membangun desa yang dimulai dari sektor ekonomi. Karena menurutnya, desa memiliki peluang usaha dan daya ungkit yang bisa dimaksimalkan. Untuk coworking space inantinya akan bergerak dibidang pertashop untuk melayani kebutuhan BBM masyarakat di perdesaan.
Direktur utama PT. Mitra Bumdesa Sejahtera Pati (MBSP), Reza Adi Swasono mengatakan, ide awal pembentukan ini, adalah dari pemerintah daerah yang menentukan terbentuknya Perseroan Terbatas. Dari situ, akan terjun ke kecamatan yang mempunyai potensi.
“Jangka pendeknya kita menyelesaikan tiga sektor, nantinya akan ada pengembangan. Tidak hanya profit tapi kita mengarah pada pemberdayaan,” kata Reza.
Total anggaran tahun pertama di 2018 telah dihimpun dana sebesar Rp 5,50 Miliar. Jumlah itu merupakan saham bersama milik 159 desa. Sedangkan, secara legalitas formal sudah sangat kuat. (pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla