Keterlambatan Pembayaran Klaim oleh BPJS Kesehatan Hanya Sebatas Dengan Rumah Sakit

101fm, Pati Kota – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati mengakui ada tunggakan pembayaran klaim kepada rumah sakit. Ini karena adanya keterlambatan pihak rumah sakit tersebut dalam pengajuan klaim pembayaran kepada BPJS Kesehatan. Hingga dua bulan terakhir ini BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pati belum membayarkan klaim kepada rumah sakit bersangkutan.

Menurut Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pati Surmiyati mengatakan, tunggakan pembayaran klaim dari rumah sakit yang dikelola pemerintah itu, lamban atau terlambat. Padahal pengajuan pembayaran klaim dari rumah sakit suasta mitra BPJS Kesehatan lebih cepat. “Hingga saat ini, BPJS Kesehatan Pati belum membayar sampai 2 bulan pelayanan, yang data tunggakannya sudah masuk. Itu hanya sebatas pada pembayaran dengan rumah sakit sejak Agustus lalu, untuk pembayaran pada program faskes primer, Puskesmas dan klinik, tidak ada penunggakan, dan sudah diselesaikan, sesuai ketentuan yang ada,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pati.
Surmiyati menambahkan, kendala tunggakan pembayaran klaim biaya dengan rumah sakit
sudah disampaikan BPJS Kesehatan kepada rumah sakit, yakni kendala pembayaran di Agustus.
“Hal itu disebabkan ketitdak singkronan anatara iuran yang masuk dengan biaya pelayan yang harus di keluarkan oleh BPJS Kesehatan,” kata Surmiyati.
Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Pati Surmiyati mengatakan, pihaknya sudah memberikan solusi melalui program dana talangan bank. Dengan program ini rumah sakit dapat mengklaim pembayaran biaya pelayanan kesehatannya. Sedang untuk beban bunga bank sebesar satu persen ditanggung oleh BPJS Kesehatan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla