Sejumlah Warga Jimbaran Bentangkan Spanduk Tolak Pabrik Semen

101fm, Pati Kayen – Sejumlah warga Desa Jimbaran Kecamatan Kayen membentangkan spanduk berisi penolakan berdirinya pabrik semen di kawasan Pegunungan Kendeng Utara. Mereka membentangkan spanduk itu, saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi obyek wisata Gua Pancur, Senin siang (4/11/2019).
Bentangan spanduk dari sejumlah kecil warga Desa Jimbaran Kecamatan Kayen itu, untuk mengingatkan kepada Gubernur Jawa Tengah, agar tidak mengupayakan adanya pembangunan pabrik semen. Mereka berkeinginan kawasan Pegunungan Kendeng bebas dari industrialisasi pabrik semen yang justru akan merusak alam.

“Setelah adanya hasil dari KLHS yang dibentuk Presiden dengan rekomendasi tidak aanya penambangan di Pegunungan Kendeng tapi kenapa kok sekarang banyak bermunculan izin-izin penambangan. Ini berdampak dengan kemarau hingga mengalami kesulitan mencari air bersih,” demikian Penggiat Lingkungan Pegunungan Kendeng Karwi saat diwawancara melalui telepon selulernya.
Empat tahun lalu ketika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke areal Mahbang di Desa Sumbersari Kecamatan Kayen, kata Karwi yangg akrab disapa Rofiq, gubernur justru berkeinginan melestarikan hutan dan menindak tegas pelaku perusakannya. Tapi mengapa sekarang ini, justru hutan yang ada di kawasan Pegunungan Kendeng disewakan. Sehingga warga menyebutnya sebagai pencitraan belaka. “Harapannya kita hanya mengingatkan gubernur, kalau orang Pati selatan masih menginginkan kelestarian serta tidak menginginkan adanya kegiatan penambangan di Kendeng,” jelasnya.
Warga Desa Jimbaran Kecamatan Kayen dan sebagian warga di kawasan Pegunungan Kendeng mengajak masyarakat untuk menghijaukan kembali hutan yang rusak, dan meminta kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menghentikan izin-izin penambangan untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla