Proses Menjadi Penting Dalam Penyusunan Peta Bisnis Proses Instansi Pemerintah

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati harus lebih mementingkan proses dalam menyusun peta bisnis instansi pemerintah, meski selama ini memiliki kewenangan. Ini agar dalam menjalankan mandat dari negara, lebih efektif, efisien dan lebih bermanfaat untuk masyarakat.
Dalam mengefektifkan dan mengintensifkan kinerja Pemkab Pati, perlu pemetaan proses bisnis, untuk menjalankan mandat yang diberikan negara untuk Kabupaten Pati. Karena selama ini proses cara mencapai sesuai keinginan visi misi Pemerintah Kabupaten belum terlaksanan dengan baik dan terevaluasi.

“Proses ini penting, karena di sektor publik atau pemerintahan peta proses ini kita abaikan karena kita sudah punya kewenangan. Padahal ada beberapa perangkat kerja yang sama sekali tidak disentuh pemerintah atau disentuh oleh perangkat daerah tapi tidak sinergis. Contoh ketika mencoba menurunkan angka kemiskinan itu prosesnya dari apa, setelah proses berikutnya apa, nah bahan-bahan ini yang selama ini tidak pernah kita kontrol,” demikian staf pengajar MAP Fisipol UGM Dr Nurhadi Susanto, usai memberikan makalahnya pada Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah, di ruang rapat Pragola Setda Pati, Selasa (5/11/2019).
Nurhadi Susanto mencontohkan upaya penurunan angka kemiskinan, hanya karena mengabaikan proses dalam penyusunan strategi proses bisnis instansi, sehingga ada ketidaktepatan dalam penggunaan anggarannya.
Kabag Organisasi dan Kepegawaian Setda Pati Masirin mengatakan, bimbingan teknik (Bimtek) itu untuk memperbaiki proses pemetaan bisnis instansi. Ini karena hasil pelaksanaan program belum maksimal, sehingga melalui bimtek itu harapannya seperti kehendak Bupati bisa tercapai. “Prosesnya diharapkan tidak berbelit-belit dan tumpang tindih. Nanti peta bisnis sudah jadi, sehingga masing-masing kepala OPD untuk menetapkan kemudian menjadi acuan bagaimana melaksanakan tugas dan fungsinya agar kedepan lebih baik lagi. Sehingga dengan penganggaran yang sudah ditetapkan, tapi bisa menghasilkan output yang lebih maksimal tapi ini kembali lagi pada prosesnya,” tuturnya.
Kabag Organisasi dan Kepegawaian Setda Pati Masirin mengatakan, ada beberapa hal yang telah diperbaiki termasuk evaluasi kelembagaan, dan evaluasi jabatan termasuk ketepatan institusi dan fungsinya dari OPD itu maupun penempatan orangnya.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla