Pemkab Pati Siapkan Anggaran Besar Perangi Stunting

101fm, Pati Kota – Stunting menurut Badan Kesehatan PBB (WHO) adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (baik tubuh maupun otak) kini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Pati. Bahkan Pemkab Pati akan mengalokasikan anggaran besar untuk mencegah stunting itu.
Kondisi stunting Indonesia bisa disebut sudah gawat darurat. Pati merupakan kabupaten di Jawa Tengah dengan jumlah anak dengan stunting tinggi. Karena stunting dapat berakibat terjadinya penurunan produktivitas, peningkatan risiko penyakit degenaratif dan peningkatan kelahiran bayi dengan berat badan lahir rendah di masa mendatang, Pemerintah Kabupaten Pati akan mengintervensi untuk menurunkan stunting di wilayahnya. “Ini menjadi perhatian kita dan mudah-mudahan dari semua lini bisa membantu dan saya akan membuat regulasi semua desa bisa menggunakan dana desa akan kita gunakan sebagaian untuk mencegah dan penanganan stunting,” demikian Bupati Pati Haryanto saat diwawancara radio PAS, usai membuka Pameran Inovasi Kesehatan Pati 2019, di halaman Stadion Joyokusumo, Rabu (6/11/2019).

Menurut Bupati Pati Haryanto, pihaknya akan mengalokasikan anggaran untuk aksi pencegahan dan penurunan stunting, meski masing-masing dinas juga mengajukan anggaran. Karena ada dua belas desa yang mendapat perhatian untuk diintervensi khusus. Sedang untuk desa lainnya akan mengintensifkan pencegahan stunting. “Dua belas desa itu diantaranya Mulyoharjo, Bogotanjung, Sumur, Klakah Kasiyan, Bungasrejo yang akan kita intervensi khusus. Intervensinya melalui program-program mulai ibu hamil, juga langsung penanganan yang balita dan akan yang terkena dampak itu, maupun program-program lain asupan dan peningkatan gizi,” jelas Bupati Pati.
Menurut UNICEF, stunting diakibatkan oleh banyak faktor, seperti ekonomi keluarga, penyakit atau infeksi yang berulang kali, kondisi lingkungan, baik itu polusi udara, air bersih serta masalah non kesehatan, kurangnya pemberdayaan perempuan, dan masalah degradasi lingkungan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla