Ada Pengecualian Pelayanan Bagi Pemohon KTP Elektronik di Disdukcapil

101fm, Pati Kota – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati memberikan pengecualian pelayanannya terhadap pemohon KTP elektronik. Namun bagi pemohon yang akan mendaftar seleksi CPNS tetap akan dilayani dengan menggunakan surat keterangan telah melakukan perekaman data KTP elektronik.
Hingga saat ini masalah KTP elektronik di Pati, tinggal menyisakan sekitar sepuluh ribuan dari total penduduk sejumlah satu koma tiga juta jiwa. Disdukcapil dengan program BERSERI berkeliling ke kecamatan-kecamatan, untuk menjangkau yang masih tersisa itu.

Diwawancara di ruang kerjanya, Jumat pagi (8/11/2019), Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati Rubiyono mengatakan, memang hingga saat ini dari para pemohon KTP elektronik yang baru hanya mendapatkan surat keterangan (suket) telah merekam data diri. Meski hanya berlaku untuk enam bulan untuk diperbaharui, tapi Suket tersebut dapat digunakan untuk keperluan administrasi seperti halnya melengkapi persyaratan mendaftar seleksi CPNS. “Terutama bagi yang hendak mendaftar seleksi CPNS itu adanya surat dari Kemendagri untuk persyaratan lampiran KTP elektronik, surat keterangan bisa digunakan. Karena keterbatasan blanko ini, Disdukcapil tidak bisa mengutamakan bagi penduduk atau pemohon KTP elektronik tertentu semisal untuk persiapan CPNS,” katanya.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati menambahkan, kecuali bagi masyarakat dengan ketentuan mendesak, dapat diberikan KTP elektronik berbentuk kepingan bukan surat keterangan. “Kecuali untuk keperluan ibadah umroh atau keluar negeri kita layani dengan blangko. Cuma terbatas, setiap tiga minggu sekali kita hanya mendapat lima ratus keping blangko saja, sehingga yang kita berikan blangko yang benar-benar mendesak,” katanya.
Kepala Disdukcapil Kabupaten Pati Rubiyono mengatakan, hingga saat ini permohonan KTP elektronik terus bertambah, masih dilayani dengan surat keterangan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla