Tim GAKY Pati Temukan Belasan IKM Garam Tak Penuhi Baku Mutu SNI

101fm, Pati Kota – Meski sudah berulang kali disosialisasikan, namun masih banyak Industri Kecil Menengah (IKM) garam yang belum memenuhi standart SNI. Dari hasil evaluasi kualitas industri garam, Tim Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) Kabupaten Pati menemukan garam-garam konsumsi yang kualitasnya dibawah standart.
Tim GAKY Kabupaten Pati menemukan dua belas tempat Industri Kecil Menengah (IKM) garam yang kualitasnya jauh dari yang dipersyaratakan. Padahal IKM-IKM garam itu sudah ber-SNI.

Kepala Bappeda Kabupaten Pati Pujo Winarno diwakili Kabid Pemerintahan Sosial dan Budaya Abdul Aniq mengatakan, pemerintah akan menindak secara hukum bila dalam waktu tiga puluh hari ke depan IKM-IKM bersangkutan belum memperbaiki hingga memenuhi ketentuan yang dipersyaratkan atau sesuai mutu SNI. Karena TIM GAKY sudah sering kali memberikan bimbingan kepada mereka secara rutin. “Ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan penanggulangan stunting. Karena akibat dari garam yang tidak baik menjadikan ibu hamil saat melahirkan bayinya dalam keadaan kerdil,” demikian ujar Kabid Pemerintahan Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Pati.
Abdul Aniq menagatakan, dari hasil evaluasi selama setahun itu, kedua belas IKM garam di Pati kandungan yodiumnya kurang dari tiga puluh PPM. Kondisi seperti ini menunjukkan mutu produksi garam yang dihasilkan IKM di Pati menurun, dari sembilan puluh persen di 2018 kini turun menjadi tujuh puluh tujuh persen IKM dengan produksi garam memenuhi SNI.
Hingga saat ini, kata Kabid Pemerintahan Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Pati Abdul Aniq, di Kabupaten Pati ada sembilan puluh industri kecil menengah (IKM) garam, delapan puluh enam diantaranya sudah ber-SNI. “Nantinya kami juga akan ke lokasi IKM untuk melakukan uji titrasi. Jika hasil produk garamnya belum memenuhi syarat maka Tim GAKY termasuk penyidik Satpol PP serta Polres Pati akan melakukan penegakan hukum. Karena IKM tersebut sudah ber-SNI dan mendapat bimbingan rutin,” katanya
Terhadap pelanggaran ketentuan SNI produksi garam itu, kepolisian yang merupakan bagian dari Tim GAKY telah menindak satu IKM yang menyalahi aturan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla