Bawaslu Luncurkan Desa Anti Politik Uang

101fm, Pati Tambakromo – Untuk memperkuat mental masyarakat terkait virus money politik yang senantiasa menggrogoti demokrasi, Bawaslu Kabupaten meluncurkan program desa anti money politic. Awalan peluncuran program ini, ada tiga desa yang menjadi percontohan.
Bawaslu Kabupaten Pati meresmikan (launching) desa anti money politic (politik uang). Peresmian tiga desa anti politik uang itu, bertempat di Balai Desa Karangmulyo Kecamatan Tambakromo, Jumat (15/11/2019)). Dua desa lainnya yang dijadikan percontohan itu Desa/Kecamatan Trangkil dan Desa Cebolek kidul Kecamatan Margoyoso.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan sebelum desa anti money politik ini dilaunching, pihaknya telah menyosialisasikan program tersebut kepada warga terutama soal bahaya, pencegahan serta larangan mengapa politik uang dicegah dan harus dihindari. “Karena bahayanya akan mengancam demokrasi. Sehingga tidak akan ada lagi slogan “ola wik ola obos” di Pati,” katanya.
Desa anti money politik tersebut, kata Ahmadi dengan harapan adanya hubungan masyarakat yang terbuka, masyarakatnya terbuka dengan informasi-informasi baru, stake holder masyarakatnya saling bersinergi yang terakhir adanya kemauan bersama meningkatkan kualitas demokrasi.
Camat Tambakromo Sudarto mengapresiasi positif dipilihnya Desa Karangmulyo oleh Bawaslu Pati menjadi desa anti politik uang. “Saya percaya desa ini karena terbukti pilihan BPD kemarin pun bersih dari politik uang,” katanya.
Peluncuran Desa Karangmulyo sebagai desa anti money politic, kata Camat Tambakromo Sudarto, bisa menjadi embrio dan merembet ke desa lain.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla