Cetak
Dilihat: 73

101fm, Pati Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati kini mewacanakan untuk menyelenggarakan sekolah pemilu. Program ini, nantinya untuk menopang rumah pintar pemilu sehingga kualitas pemilu-pemilu ke depan meningkat.  Lahirnya rumah pintar pemilu sebagai pusat informasi dan data pemilu, termasuk pemilihan kepala daerah seperti gubernur dan bupati masih perlu topangan program lainnya. KPU Kabupaten Pati pun mewacanakan untuk menyelenggarakan sekolah pemilu.

“Selama ini apa yang telah dilakukan KPU Kabupaten Pati belum sistematis, dan dari masa ke masa belum menjadi program yang berkelanjutan berkaitan dengan sekolah pemilu ini,” demikian Komisioner KPU Kabupaten Pati Suharyono kepada radio PAS Pati.
Suharyono mengatakan, penyelenggaraan sekolah pemilu ini untuk menopang keberlangsungan rumah pintar pemilu (RPP) sehingga akan hasilnya sesuai yang ditargetkan. Tentu untuk pesertanya nanti, kata Suharyono bisa dari berbagai kalangan. “Nanti hasil dari sekolah pemilu ini diharapkan bisa muncul kader-kader yang paham dengan demokrasi, politik dan pemilu. Harapannya juga dapat berdiaspora menularkan pengetahuan sehingga meningkatkan kesadaran politik warga masyarakat,” tuturnya.
Komisioner KPU Kabupaten Pati Suharyono berharap, nantinya bila terwujud peserta setelah mengikuti sekolah pemilu bisa menjadi relawan-relawan demokrasi yang menyebar di seluruh pelosok. Ini berbeda dengan kursus kepemiluan yang telah terselenggara, yang hanya terbatas waktu dan kuantitas relawan demokrasinya.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
powered by social2s