Animo Perempuan Daftar Calon Anggota Panwascam Rendah

Margorejo – Kaum perempuan yang melamar sebagai calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang memasukan berkas pendaftaran ke Sekretariat Panwaslu Kabupaten Pati, masih minim. Dari total keseluruhan yang mendaftar, 18 persen diantaranya perempuan.  Hingga hari ketiga penerimaan berkas pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Pati, Jumat (8/9), sudah 74 orang. Dari jumlah tersebut 13 diantaranya perempuan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pati, Achwan mengatakan,  jadual pendaftaran seleksi calon Panwascam mulai 6 hingga 12 September 2017.  Dari total masyarakat yang mendaftar, prosen tasi antara pria dan perempuan 82%  berbanding 18%.
“Kami berharap partisipasi seluruh masyarakat, terutama yang berijazah SMA berumur minimal 25 tahun bisa turut serta  dalam sumbangsihnya dalam pengawasan. Dan untuk pengumuman penelitian berkas administrasi pada 13-17 September. Selama masa pengumuman tersebut, kami juga berharap masukan dari masyarakat terhadap mereka yang sudah mendaftarkan diri yang lolos administrasi,” kata Achwan.
Seperti pengalaman yang lalu, tutur Achwan, pendaftar akan semakin banyak,   menjelang berakhirnya batas waktu pendaftaran. Karena sosialisasi Panwaslau terkait rekruitmen seleksi calon anggota Panwascam, sudah dilakukan secara intensif. Baik melalui media masa, media sosial maupun dengan menempel di papan-papan pengumuman hingga ke desa.
“Melihat pengalaman saat Pilkada beberapa waktu lalu, setiap kecamatan terdapat  rata-rata 15 pendaftar. Bahkan ada satu kecamatan yang mendekati 30 pendaftar. Dan kami tetap optimis minimal disetiap kecamatan ada 6 pendaftaryang mendaftar di Panwaslu Kabupaten Pati,” tutur Ketua Panwaslu.
Ketua Panwaslu Kabupaten Pati, Achwan mengungkapkan, dari 21 kecamatan, beberapa kecamatan  diantaranya, pelamar calon anggota Panwascam masih dibawah 4. Seperti Kecamatan Tayu dengan tiga pelamar, kemudian Kecamatan Gunungwungkal, Wedarijaksa, Gembong, Jakenan, dan Kecamatan Tambakromo masing-masing 2 pelamar, serta  Kecamatan Juwana,  Kecamatan Jaken, dan Kecamatan Gabus masing-masing dengan seorang pelamar.(•)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla