Dispertan Pati Berikan Motivasi Pelaku Pertanian Terbaik di Wilayahnya

101fm, Pati Kota – Para pelaku pertanian mulai dari kelompok tani, dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Pati berprestasi terima hadiah dari Dinas Pertanian (Dispertan) Pati. Ini sekaligus menyiapkan kelompok tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang mewakili Kabupaten Pati ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.
Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati telah melakukan penilaian terhadap 2080 kelompok tani dan PPL di wilayahnya. Mereka yang terbaik dalam penilaian dari berbagai kategori, mendapat hadiah sekaligus akan maju ke tingkat provinsi dalam lomba yang sama, Senin (18/11/2019).

“Indikator penilaiannya macam-macam aspek yang dinilai. Tapi untuk kelompok tani itu yang dinilai dari aspek kelembagaan, jenis usaha, rutinitas aktivitas pertemuan, pembuatan teknologi, meningkatkan hasil, dan teknis budidaya yang benar,” demikian Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pati Muchtar Effendi.
Untuk kategori Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), kata Muchtar Effendi penilaiannya meliputi intensitas kunjungan ke kelompok tani. Namun setelah pembinaan, penilai juga melihat sejauh mana PPL bersangkutan bisa mengikat kelas kelompok atau sebaliknya. Selain itu, PPL juga harus mahir dalam memasarkan produk pertanian yang dibinanya. Penilaian ini dilakukan terhadap 150 orang 74 diantaranya sudah berstatus PNS.
“Dengan adanya juara-juara ini, agar bisa memberikan motivasi kepada teman-teman lain. Yaitu sebagai figur PPL berprestasi, jadi ada parameternya,” jelasnya.
Kepala Dispertan Kabupaten Pati Muchtar Effendi mengatakan, kelompok tani dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) terbaik dalam penilaian tingkat Kabupaten Pati ini, akan dikirim untuk mengikuti lomba serupa Provinsi Jawa Tengah.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla