Direktur Kesenian Kemendikbud RI Puji Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Pati

101fm, Pati Kota - Seribuan anak-anak SD hingga SMP dari berbagai penjuru Kabupaten Pati akan memeriahkan pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) III tahun 2019, di Pusat Wisata Kuliner Pati. Selama berlangsung pementasan, para pelajar tersebut akan menampilkan kesenian kethoprak, wayang klithik, wayang kulit, sendratari dan kesenian-kesenian lainnya.

Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Restu Gunawan mengatakan, pementasan GSMS yang diinisiasi Kemendikbud RI itu untuk membangun anak-anak dalam kontek pembangunan karakter. “Jadi dengan kesenian anak-anak bisa dilatih pendidikan karakter, karena kesenian itu bisa berlatih percaya diri toleransi dan lainnya. Untuk seniman supaya bisa terlibat di pendidikan, karena banyak sekali yang tidak bisa masuk ke pendidikan, sehingga lewat ekstrakurikuler. Teman-teman seniman diharapkan bisa menularkan ilmu-ilmunya mendidik anak-anak kita sehingga mereka menerapkannya dalam bentuk pementasan kali ini,” katanya.
Menurutnya, penyelenggaraan pementasan GSMS di Pati ini luar biasa. Dia berharap daerah-daerah lain bisa meniru dan mengkapitalisasi Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) seperti yang telah dilakukan Pemkab Pati.
Bupati Pati mengatakan pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Dan setiap penyelenggaraannya senantiasa mendapat dukungan dari Kemendikbud RI. Penyelenggaraan kegiatan itu, katanya untuk mengembangkan seni budaya, serta mendidik budi pekerti dan karakter generasi muda. “Yang kedua melestarikan dan menguri-uri budaya adiluhung yang barangkali tidak dikenal masyarakat. Sehingga dilewatkan anak-anak untuk dipentaskan dan dikembangkan yang akhirnya bisa meluas kepada masyarakat,” kata Bupati.
Menurut Bupati Pati, potensi anak-anak yang diharapkan dapat mengembangkan dan melestarikan seni budaya daerah untuk tahun ini yang sudah terorganisir mencapai hampir dua ribuan, hampir sebanding dengan tahun sebelumnya.
Pemukulan gong oleh Bupati Pati Haryanto didampingi Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Restu Gunawan, serta pejabat Forkompimda atau yang mewakili menandai pementasan GSMS di Pusat Wisata Kuliner Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla