Pemerintah Akan Revitalisasi Seni yang Hampir Punah

101fm, Pati Kota – Pemerintah akan tetap melindungi dan melestarikan seni-seni di daerah yang hampir punah. Tentu saja, upaya itu perlu keterlibatan semua pihak.
Sekarang ini ada ratusan seni di nusantara yang hampir punah, karena abainya pemerintah dan masyarakat terhadap karya adiluhung para leluhur. Untuk itu, pemerintah hadir untuk kembali melestarikan seni-seni yang hampir punah tersebut, melalui revitalisasi seni.

“Sebenarnya kita punya program revitalisasi seni yang hampir punah. Nah ini perlu kerja sama juga oleh semua pihak, karena ini kan daya dukunganya banyak. Sehingga ini harus bersama-sama untuk melestarikannya, kita perlu petakan juga dari beberapa daerah memang ada. Artinya kenapa seni itu kok sampai punah. Karena pemerintah dan masyarakatnya yang tidak mendukung, mungkin ini perlu mengajak teman-teman seniman untuk terlibat, atau pengembangan kreasi baru dalam kontekstualisasi seni terhadap era saat ini,” demikian Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Restu Gunawan, saat menghadiri Pementasan GSMS di Pusat Wisata Kuliner Pati, Selasa lalu (19/11/2019).
Menurut Restu Gunawan, revitalisasi seni yang hampir punah itu harus dengan penelitian, perekaman, dan pementasan sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap seni tersebut. “Bahkan kita bantu peralatan dukung kesenian. Sehingga seniman daerah harus terlibat di daerahnya sendiri bukan lintas kabupaten atau daerah,” katanya.
Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI Restu Gunawan mengatakan, pelestarian seni itu bukan hanya khusus pada seni pertunjukkan saja, tapi juga seni-seni lain yang hampir punah baik itu seni rupa, tari, maupun seni musik tergantung potensi di daerah setempat.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla