Dinilai Rawan Gugatan, Bupati Pati Tunda Pilkades Ngablak Cluwak

101fm, Pati Kota – Sejumlah desa di Kabupaten Pati dalam beberapa hari mendatang akan menyelenggarakan pemilihan kepala desa (Pilkades). Namun ada satu desa yang terpaksa harus menunda pelaksanaan pilkadesnya hingga periode mendatang.  Desa yang harus menunda penyelenggaraan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Desember ini, Desa Ngablak Kecamatan Cluwak. Penundaan ini, karena penyelenggaraan pilkades di desa setempat dinilai rawan munculnya permasalahan dan gugatan hukum, yang justru akan menghambur-hamburkan keuangan daerah.

“Untuk perpanjangan pendaftaran itu, kalau tidak ada atau cuma ada satu calon. Karena ini calon itu sudah melebihi dari pendaftaran sejumlah tiga calon, sehingga agar tidak terjadi rawan gugatan, dan kasihan kalau nanti yang jadi dibatalkan berdasar putusan PTUN, kita tunda pelaksanaannya sampai pada periode berikutnya. Karena siapapun yang menang, akan rawan gugatan,” demikian Bupati Pati Haryanto saat diwawancara usai menyerahkan bantuan sosial korban bencana alam di ruang rapat Penjawi Setda Pati, Rabu pagi (4/12/2019). Menurut Bupati Pati Haryanto, karena desa dalam membuat tata tertib terkait penyelenggaraan pilkades tidak ada cantolan atau payung hukumnya. Semestinya kata Bupati Haryanto dalam menyusun dan membuat tata tertib pilkades harusnya mengacu pada peraturan bupati (Perbup). “Kalau ada calon yang mundur itu bisa diperpanjang tapi itu tidak ada landasan hukumnya. Yang ada landasan hukumnya adalah bagi calon yang dinyatakan itu hanya satu itu bisa diperpanjang hingga dua puluh hari. Tapi ini karena sudah tahap penetapan calonnya ada, yang satu tidak memenuhi syarat yang satu mengundurkan diri berarti tidak bisa diperpanjang, aturannya tidak ada,” tutur Haryanto.
Terkait dengan penundaan penyelenggaraan pilkades di Desa Ngablak Kecamatan Cluwak itu, kata Bupati Pati Haryanto, pihaknya sudah berkirim surat ke desa setempat melalui Camat Cluwak untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait penundaan tersebut. Pemkab Pati juga segera menunjuk Pejabat Kades setelah kades yang masih aktif sekarang habis masa jabatannya.
Sementara itu, sejumlah warga Desa Ngablak Kecamatan Cluwak berunjuk rasa di depan balai desa setempat, yang meminta agar pilkades tetap terselenggara.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla