Cetak
Dilihat: 257

101fm, Pati Kota – Pemerintah Kabupaten Pati menyerahkan bantuan sosial kepada para korban bencana alam, seperti bencana kebakaran dan korban puting beliung. Penyerahan bantuan tersebut melalui rekening bank itu berkisar antara empat juta rupiah hingga sepuluh juta rupiah.
Dua puluh warga Kabupaten Pati yang menjadi korban bencana alam menerima bantuan dari pemkab setempat. Bantuan tersebut untuk perbaikan rumah tinggal para korban bencana alam, yang mengalami kerusakan ringan, sedang hingga kerusakan parah.

Saat penyerahan bantuan sosial bencana alam, di ruang rapat Penjawi Setda Pati, Rabu pagi (4/12/2019), Kepala Dinas Sosial Pati dr Subawi menuturkan, penyerahan bantuan sosial bencana alam itu sesuai dengan Peraturan Bupati Pati Nomor 80 tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemberian Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD. “Rumah permanem dan semi permanen rusak berat mendapat bantuan paling banyak Rp 4 juta. Sedang rumah semi permanen roboh atau hangus bantuan paling banyak Rp 7,5 juta, dan rumah permanen roboh, hancur hanyut bantuan paling banyak Rp 10 juta,” jelasnya.
Kepala Dinsos Pati dr Subawi mengatakan, bantuan rumah rusak akibat bencana alam sejumlah empat rumah semi permanen sejumlah Rp 30juta, yang masing-masing menerima Rp 7,5juta. Rp 125,5juta untuk bantuan enam belas rumah rusak hangus akibat kebakaran yang terdiri dari lima rumah permanen hangus, dua rumah permanen rusak berat, dan sembilan rumah semi permanen hangus.
Bupati Pati Haryanto berharap bantuan sosial bencana alam dari pemerintah dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Ini menindaklanjuti musibah yang menimpa masyarakat, meski dalam realisasinya haurs dengan proses panjang. Namun sebelum menerima bantuan dari Pemkab Pati rerata korban juga sudah mendapat bantuan dari Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas sosial, meskipun hanya bersifat logistik.
“Ada beberapa orang yang mendapat Rp 10 juta, karena hangus rumahnya. Itu bentuk kepedulian pemerintah.Karena, bencana itu tidak bisa dintanggung sendiri, biasa jadi itu karena khilaf atau tidak disengaja. nilainya memang tidak seberapa. tapi silahkan dimanfaatkan. Bisa juga sebagai penyempurnaan rumah,” kata Bupati Pati Haryanto.
Dalam pemberian bantuan sosial bencana alam secara virtual, sehingga para penerima manfaat hanya dapat mencairkan bantuan melalui rekening bank yang telah ditunjuk Pemerintah Kabupaten Pati.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
powered by social2s