Dinkes Pati Pahamkan Masyarakat Soal Virus Corona

101fm, Pati Kota – Meski berjauhan dengan letak mewabahnya virus korona di Provinsi Wuhan China, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati perlu memahamkan soal virus korona yang dapat menular dengan cepat dan mematikan kepada masyarakat.
Wabah virus korona di Provinsi Wuhan China telah menelan 106 korban meninggal dunia dari berbagai sumber media hingga Selasa kemarin (28/1/2020).

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati dr Joko Leksono, wabah virus korona di Wuhan China itu mirip dengan virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang pernah muncul di 2003. “Perangai virus ini sama, dia menyerangnya cepat. Memang kalau dilihat seperti itu, tapi dalam beberapa hari terakhir ini kita amati memang untuk virus korona ini kalau dibandingkan meski ini belum terjadi tapi dari gerakan-gerakannya itu. Tapi yang berbahaya dan mematikan itu yang ada di Timur Tengah, MERZ,” ujarnya.
Kabid P3 DKK Pati ini menegaskan, wabah korona ini yang gelisah bukan hanya masyarakat awam, tapi juga kalangan yang berpendidikan. Ini karena penularannya yang semula dari hewan ke hewan, bermutasi dari hewan ke manusia, dan sekarang yang lebih menakutkan penularan dari manusia ke manusia. Memang awal dugaannya berawal dari daging kelelawar yang dijualbelikan untuk dikonsumsi warga di Provinsi Wuhan China. “Memang ada pernyataan Menkes dan Menlu RI adanya sejumlah WNI yang ada di sana menyusul pemberlakukan karantina oleh Pemerintah China. Serangan korona sama dengan SARS di bagian organ tubuh manusia yang sama juga diikuti dengan gejala demam tinggi mirip flu hingga mengakibatkan gagal nafas,” katanya.
Seperti arahan Dinkes Jateng, bila ditemukan adanya suspect (terduga) virus korono bisa dirujuk ke rumah sakit type B. Untuk di Pati baru satu di RSUD RAA Soewondo kemudian dikoordinasikan ke RSUP Karyadi Semarang type A.
Menurut Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit DKK Pati dr Joko Leksono, memang untuk penyakit ini belum ada obatnya kecuali meningkatkan daya tubuh virus ini akan terusir dengan sendirinya.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla