BPBD, TNI/Polri dan Masyarakat Gotong Royong Benahi Permukiman Warga

101fm, Pati Dukuhseti – Sejumlah personil gabungan dari BPBD, TNI/Polri, relawan, serta warga masyarakat membenahi rumah-rumah warga yang rusak terdampak angin puting beliung, Jumat pagi (31/2/2020).
Ada puluhan rumah dan tiga diantaranya roboh akibat terdampak puting beliung yang terjadi di Desa Puncel dan Desa Tegalombo Kecamatan Dukuhseti pada Kamis petang (30/1/2020). Sejumlah pihak bergerak menuju lokasi terdampak angin puting beliung itu.

Kepala BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo mengatakan, penanganan pascabencana puting beliung pihaknya sejak petang kemarin sudah menerjunkan personilnya ke lokasi bencana untuk memberikan bantuan kepada para korban. Penerangan yang kurang maksimal,  sehingga penanganan dilanjutkan keesokan harinya. “Saat ini BPBD melakukan assesment dan pendataan terhadap kerusakan yang terjadi pada Kamis petang kemarin. Dari pantuan kami di wilayah RW 4 / RW 5 ada satu rumah yang roboh rata dengan tanah demikian juga rumah roboh terjadi di RT 1 / RW 5,” katanya.
Untuk saat ini BPBD sudah menyalurkan bantuan berupa sembako untuk para korban terdampak, sementara tim relawan bersama TNI/Polri dan masyarakat melakukan pembersihan di lokasi, dan pembangunan kembali rumah yang sifatnya agar dapat ditempati oleh korban dengan menggunakan material yang masih bisa dipakai. “Bagi yang gentengnya rusak kami lakukan penataan ditata kembali genteng-genteng yang pecah, diupayakan penggantian terhadap genteng dengan yang baru. Tapi untuk pembangunan rumah yang roboh sama sekali belum bisa dilakukan karena yang ada pada kami dan pemerintah desa, nanti akan dilakukan secara bertahap serta korban yang rumahnya roboh diungsikan ke rumah kerabatnya untuk sementara waktu,” katanya.
Setelah penanganan pascabencana selesai, kata Kepala BPBD Kabupaten Pati Martinus Budi Prasetyo, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas teknis terkait untuk memberikan bantuan bagi korban puting beliung yang rumahnya roboh rata dengan tanah.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla