Tanggul di Desa Sinoman Jebol, Perbaikan Gunakan Alat Berat

101fm, Pati Kota – Tanggul di Desa Sinoman Kecamatan Pati Kabupaten Pati kembali jebol. Titik tanggul yang jebol bergeser ke tempat lain dengan lebar dan kedalaman yang berbeda.
Tanggul sungai di sepanjang Desa Sinoman Kecamatan Pati Kota, rawan jebol. Selama Januari ini sudah ada empat titik tanggul sungai itu yang jebol. Tanggul jebol terjadi pada Sabtu petang lalu (1/2/2020), menyusul volume dan debit yang tinggi pasca hujan deras turun. Perbaikan terhadap tanggul yang jebol itu pun dilakukan pada Senin pagi (3/2/2020). Perbaikan dipimpin Camat Pati Didik Rusdiantono dengan melibatkan Babinkamtibmas, Babinsa, Polsek dan Koramil Pati Kota, perangkat desa setempat serta petugas BBWS Pemali Juwana.

Kepada radio PAS Pati Camat Pati mengatakan, perbaikan tanggul yang jebol sepanjang lima meter dan kedalaman dua setengah meteri itu mendapatkan bantuan alat berat dari DPU TR agar cepat selesai. “Insya Allah hari ini bisa terselesaikan, karena semua material sudah kita pasang dan sudah kita tata tinggal mengisikan tanah ke dalam kerangka tanggul yang sudahy kita buat,” ujar Camat Pati Kota Didik Rusdiantono.
Untuk mengantisipasi terjadinya tanggul jebol kembali, Camat Pati Kota Didik Rusdiantono berharap adanya normalisasi atau penggerukan alur sungai, dan pembuatan tanggul terutama di tikungan air secara permanen. Hanya saja, upaya itu terkendala oleh kewenangan BBWS sehingga harus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. “Tanah tanggul itu tanah gembur, sehingga kalau kena air dan digerogoti hewan-hewan mudah tergerus air. Ini yang membuat tanggul berlubang-lubang dan rentan kemasukan air dan mudah ambrol,” ungkapnya.
Perbaikan tanggul-tanggul yang jebol akibat volume air berlebih dengan debit yang tinggi, masih bersifat sementara karena untuk perbaikan permanen harus berkoordinasi dengan dinas-dinas teknis kabupaten maupun provinsi.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla