Sensus Penduduk 2020, BPS Pati Terapkan Methode Online Libatkan Generasi Milenial

101fm, Pati Kota – Badan Pusat Statistik (BPS) secara nasional akan menyensus penduduk di seluruh wilayah Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Pati. Selain methode online, BPS juga menggunakan method wawancara.
BPS akan melakukan Sensus Penduduk 2020 secara online dimulai 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Sedang Sensus Penduduk dengan methode wawancara akan dilakukan pada 1 – 31 Juni 2020.

Menurut Kepala BPS Kabupaten Pati Anang Sarwoto MSi MM, untuk sensus penduduk secara online hasil wawancara dimasukkan ke aplikasi, dan mengirimkan ke pusat data melalui internet. “Untuk jaringan internet tidak masalah karena hasil wawancara bisa offline. Jadi didata dulu, nanti pada saat balik wawancara saat ada di rumah atau dibalai desa saat jaringan signalnya bagus bisa dikirim,” katanya usai Rakor Persiapan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (4/2/2020).
Sedang sensus penduduk dengan methode wawancara, Petugas Pencacah Lapangan (PCL) akan memasukkan hasil wawancaranya dengan penduduk ke lembaran daftar pertanyaan (questioner) yang dibawanya.
Selain menerapkan methode baru, BPS juga membekali Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dengan teknik-teknik tertentu agar masyarakat tetap jujur dalam memberikan jawaban terhadap data yang disensus. Sehingga PCL memahami konsep dan definisi Sensus Penduduk. “Nanti petugas PCL akan kami latih teknik wawancara, bagaimana teknik probing (menggali keterangan dari yang semula tidak jujur menjadi jujur). Tapi kita harapkan masyarakat jujur, karena evaluasi dan program pembangunan berdasarkan dari masyarakat. Semakin masyarakat tidak jujur, program-program pemerintah bisa-bisa meleset,” terangnya.
Menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, kata Kepala BPS Kabupaten Pati Anang Sarwoto MSi MM, pihaknya akan menyosialisasikan juga ke sejumlah sekolah dan generasi milenial, meski tidak melibatkan secara langsung. Tapi setidaknya kaum milenial tahu soal Sensus Penduduk, maupun sekolah-sekolah statistik.
Rakor persiapan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 itu dibuka Bupati Haryanto, dihadiri Kepala Disdukcapil Rubiyono serta dinas instansi terkait.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla