Dinginkan Kondisi Desa Pemilihan Anggota BPD Tompomulyo Ditunda

101fm, Pati Batangan – Panitia Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Tompomulyo Kecamatan Batangan menunda pelaksanaan pemilihan. Langkah ini diambil untuk mendinginkan suasana dan situasi desa, menyusul adanya perbedaan dalam pemahaman terhadap tata tertib.  Untuk memberikan rasa keadilan kepada para calon yang menilai adanya kejanggalan terhadap tata tertib, Panitia menunda pelaksanaan pemilihan anggota BPD Tompomulyo Kecamatan Batangan.

Menurut seorang calon BPD yang sempat meninggalkan tempat bernama Totok, semua tahapan memang tercantum dalam Perbup nomor 55 tahun 2014, tapi panitia belum mendiskusikan lebih dulu terkait penetapan tokoh memiliki hak memilih. "Sebenarnya tidak ada problematika jika panitia sebelumnya berdiskusi menentukan tokoh. Disini yang menjadi permasalahan itu tokoh yang diundang, karena multi tafsir tokoh itu macam-macam. Sehingga menjadikan perbedaan pendapat," jelasnya.
Ketua Panitia Pemilihan BPD Sutrisno mengatakan, pihaknya harus menunda pelaksanaan pemilihan anggota BPD, dengan alasan situasi tidak menungkinkan menyusul panitia mendapatkan beberapa protes dari calon dan warga. "Kita sambil belajar dan pelaksanaan kita sesuaikan undang-undang yang ada. Tahapan berikutnya akan kita rapatkan," katanya.
Menanggapi dinamika tersebut, Camat Batangan Subono selaku Panwas bersama Kapolsek dan Danramil setempat sepekat dengan langkah Ketua Panitia untuk menunda hingga waktu yang tepat. “Kita susun tatibnya lagi sesuai peraturan yang ada. Selesai baru kita informasikan masyarakat tentang pemilihnya. Sehingga aturan sesuai tata perundangan," kata Camat.
Terjadinya ketidaksepahaman itu bermula dari protes salah seorang ketua RT terhadap panitia karena tidak mendapatkan undangan, yang semestinya berhak memiliki hak pilih.
Pemilihan anggota BPD tersebut diikuti empat belas calon. Sepuluh calon dari Dukuh Trolu serta empat calon dari Dukuh Pilang. Namun, saat akan berlangsung pemilihan, delapan calon keluar arena memprotes tata tertib yang diperdebatkan.(pas-gus)

0
0
0
s2sdefault
Joomla templates by a4joomla