186ribu Warga Pati Non DTKS Bakal Diverisikasi Faktual

101fm, Pati Kota – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB (Dinsos P2KB) Pati bakal memverifikasi faktual ratusan ribu warganya, yang belum terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Mereka merupakan penerima bantuan iur jaminan kesehatan nasional (PBI-JKN) BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah. Verifikasi faktual tersebut akan dilakukan terhadap 186.169 warga yang tersebar di 401 desa dan 5 desa di Kabupaten Pati. Kementerian Sosial (Kemensos) RI memberikan waktu kepada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan KB (Dinsos P2KB) untuk verifikasi faktual tersebut hingga 30 Maret 2020 mendatang.

Usai rakor verfal data PBI JK Non DTKS dalam aplikasi Siks-NG di Pendopo Kabupaten Pati, Rabu (5/2/2020), Kepala Dinsos P2KB Subawi diwakili Kabid Pemberdayaan Tri Haryumi, bagi warga yang tidak masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) akan dikeluarkan dari data PBI JKN. Verifikasi faktual DTKS tersebut petugas akan menggunakan aplikasi sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (Siks-NG). “Dan kita sudah siapkan pendamping PKH dan TKSK artinya 1 orang mendampingi dua desa. Dan kita sudah siapkan suratnya sehingga dalam pelaksanaannya nanti desa tidak lagi bingung. Jadi semuanya sudah siap termasuk daftar DTKS sudah kita breakdown perdesa. Jadi kita berikan ke desa sehingga tidak salah,” katanya.
Tri Haryumi mengatakan, verifikasi faktual DTKS ini diperlukan, karena warga yang menerima bantuan dari pemerintah yang masuk dalam data tersebut. Untuk itu pihak desa diharapkan untuk serius dalam verfak DTKS ini, sehingga warga yang benar-benar miskin dapat menerima bantuan. “Dan saat verfak kami akan kawal terus, tadi sudah ada kecamatan yang meminta kami untuk mem-bimtek lagi operator desanya,” katanya.
Pengesahan hasil verfal PBI JKN yang dilakukan petugas sebelum dientri ke aplikasi Siks-NG, kata Kabid Pemberdayaan Dinsos P2KB Pati Tri Haryumi harus sudah mendapatkan persetujuan kades, BPD, serta tokoh-tokoh masyarakat dalam musyawarah desa disertai berita acaranya.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla