Lebih dari 28.150 Unit Rumah di Pati Belum Layak

101fm, Pati Kota – Di Kabupaten Pati hingga 2020 ini, masih terdapat puluhan ribu rumah tidak layak huni (RTLH). Pemerintah terus berupaya untuk menangani rumah-rumah tidak layak huni itu dengan melibatkan berbagai pihak termasuk pemerintah desa, BAZNAS, sektor swasta dan institusi lainnya, serta BUMN/BUMD melalui program kepedulian dan bina lingkungan (coorporate social responsibility/CSR).
Hingga saat ini di Kabupaten Pati terdapat lebih dari 28.150 unit rumah tidak layak huni (RTLH). Pemerintah dengan berbagai upayanya mengurangi jumlah RTLH-RTLH melalui berbagai program dan melibatkan berbagai pihak.

Pada Fasilitasi Penyerahan Bantuan Sosial CSR Bank Jateng di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (6/2/2020), Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Pati Dadik Sumardji mengatakan, kegiatan penanganan rumah-rumah tidak layak huni (RTLH) pada dasarnya meliputi peningkatan kualitas, dan pembangunan baru. “Pada 2020 ini, rencana penanganan RTLH di Kabupaten Pati yang difasilitasi Disperkim Pati, yang bersumber dari APBD sejumlah 47 unit (20 peningkatan kualitas dan 27 pembangunan baru), yang bersumber dari APBD Jawa Tengah melalui Bankeupemdes sejumlah 537 unit, sedang yang bersumber dari APBN melalui DAK untuk lokasi kumuh sejumlah 180 unit (155 unit peningkatan kualitas) dan 15 unit pembangunan baru),” katanya.
Dadik Sumardji mengatakan, penanganan juga menggunakan bantuan APBN yang dilaksanakan satuan kerja non vertical tertentu (SNVT) Jawa Tengah Ditjen Perumahan Swadaya Kementerian PUPR 630 unit, BAZNAS 80 unit, dan CSR Bank Jateng 105 unit. “Program CSR Bank Jateng yang direaliasikan pada 2020 ini merupakan hasil pengajuan permohonan pada 2019. Jumlah bantuan Rp15 juta per unit sehingga total bantuan mencapai lebih dari Rp1,575 milyar uang sudah ditranfer ke rekening masing-masing kelompok masyarakat (Pokmas),” katanya.
Penerima bantuan RTLH dari CSR Bank Jateng  sejumlah 105 KK tersebut tergabung di 14 Pokmas yang tersebar di Desa Pakem Kecamatan Sukolilo, Desa Tambahagung dan Desa Tambaharjo Kecamatan Tambakromo, Desa Babalan Kecamatan Gabus, Desa Bodeh Kecamatan Pucakwangi, Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso, dan Desa Gerit Kecamatan Cluwak.(pas-gus)

0
0
0
s2smodern
Joomla templates by a4joomla